Tips Ekstra Belanja Online di Bulan Ramadan

Tips Ekstra Belanja Online di Bulan Ramadan - Memasuki bulan Ramadan, ibu-ibu mungkin sudah memikirkan bagaimana berbelanja di bulan suci ini. Bagaimana tidak, seperti sudah kesepakatan tak tertulis di negara kita, setiap memasuki bulan harga-harga bahan kebutuhan sehari-hari, termasuk bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Inginnya mempersiapkan batin saja menghadapi bulan Ramadan namun apa daya, pikiran juga harus ekstra disiapkan untuk menghadapi kenaikan harga seperti ini.


Sudah tentu, ibu-ibu harus pandai-pandai mengambil celah berbelanja agar uang belanjanya tak tekor dan tak perlu berutang sana-sini. Nah, salah satu celah yang harus pandai-pandai dimanfaatkan adalah belanja online. Di saat aneka rupa iklan market place bertaburan, merayu-rayu di depan mata selama menggunakan internet, di saat itu pulalah kita harus pandai menahan diri, memilah, dan memanfaatkan moda belanja yang sebenarnya menguntungkan karena tak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mendatangi toko yang dituju ini.

Nah, kali ini saya mau menceritakan tips ekstra untuk belanja online di bulan Ramadan yang saya dapatkan dari “bisik-bisik” tetangga. Boleh dicoba, nih, Bu:

1. Cari market place dan toko online yang terpercaya.


Carilah market place yang memiliki banyak toko online terpercaya di dalamnya. Misalnya, nih, di Tokopedia, kita bisa melacak dari nama tokonya. Informasi yang bisa diketahui, melalui ulasan pelanggan, sudah berapa lama toko tersebut terdaftar di Tokopedia, dan bagaimana rekam jejaknya dilihat dari ulasan dan transaksi yang berhasil, juga dari tanda bintang yang diperolehnya. Dari ulasan bisa diketahui berapa banyak orang yang puas ataupun kecewa dengan layanannya. Kalau kecewa, mengapa dan kalau puas, apa yang disukai pelanggan. Dari ribuan produk, kita bisa memilih spesifikasi yang pas dengan herga yang juga pas dengan kantong kita. Nah, kalau sudah pernah berbelanja dan puas dengan layanannya, kita bisa memasukkan toko tersebut ke dalam kategori “Favorit” pada akun kita jadi nanti kapan-kapan bisa balik lagi berbelanja di situ.


2. Belanja ekstra dengan berbelanja di kreator lokal.


Punya misi cinta tanah air dengan berbelanja pada kreator lokal? Nah, di Tokopedia, kita bisa menemukan beragam kreator lokal dari seluruh Indonesia. Produknya pun berkualitas. Tinggal pandai-pandainya kita memilih yang pas, sesuai budget dan memperhatikan tips nomor 1 di atas.

Bisa memilih kreator lokal

3. Mencari toko yang lokasinya terdekat dengan tempat tinggal.


Ini salah satu cara yang senantiasa saya terapkan dalam memilih toko online. Tinggal di Makassar, sementara sebagian besar toko online berlokasi di pulau Jawa? Duh, berat di ongkos kirim, Mak. Makanya saya lebih suka memilih toko yang letaknya di Surabaya atau di Jawa Timur. Saya pernah membeli jilbab buat saya dan putri saya, ongkos kirimnya (ongkir) hanya Rp. 20.000. Senangnya bukan kepalang. Haha, rasa senang yang sungguh receh, ya. Maklumlah, bagi mamak penuh perhitungan, menghemat ongkir itu rasanya sudah nikmat luar biasa.

Nah, di Tokopedia kita bisa memilih kota yang terdekat dengan kita. Ada pilihannya ketika memfilter produk yang diinginka. Kita bisa memfilter berdasarkan jenis produk dan lokasi.

Di Tokopedia, bisa memilih lokasi toko online yang kita inginkan

4. Metode pembayaran yang tepat patut menjadi pertimbangan.


Kalau misalnya rumah kita lebih dekat ke mini market yang bekerja sama dengan ecommerce yang bekerja sama dengan jaringan mini market tersebut ketimbang ATM atau bank terdekat, tentu bisa dimanfaatkan agar waktu bisa lebih termanfaatkan dengan baik. Nah, Tokopedia menyediakan macam-macam metode pembayaran yang  bisa kita pilih sesuai kondisi kita, yaitu: Saldo Tokopedia, cicilan, kartu kredit, transfer bank, hingga pembayaran melalui mini market.

Sebagian metode pembayaran di Tokopedia

5. Pertimbangkan metode pengiriman yang paling menguntungkan.


Cek ecommerce yang disasar. Kalau Tokopedia menawarkan beberapa alternatif. Kita bisa memilih cara konvensional dengan beberapa pilihan perusahaan jasa ekspedisi hingga kurir instan yang bisa dipesan dengan jasa transportasi online. Ini suatu keharusan bagi saya yang tinggal di luar pulau Jawa jika berbelanja online. Oya, ada juga pilihan menggunakan jasa asuransi atau tidak. Kalau tidak memilih asuransi, ya siap-siap saja kalau ada apa-apa dalam perjalanan barang kita tak dapatkan, uang pun tak kembali. Tapi jangan khawatir kasus seperti ini jarang sekali terjadi. Alhamdulillah beberapa kali bertransaksi di Tokopedia, barang-barang yang saya pesan tiba dengan selamat. Palingan “hanya” terlambat beberapa hari dikarenakan memilih jasa pengiriman yang paling murah (guna mendapatkan kebahagiaan receh ala mamak-mamak penuh perhitungan).

6. Jangan sia-siakan promo atau diskon.


Is any mamak here exactly like me? Haha, ini pun kebahagiaan receh ala mamak-mamak yang suka saya praktikkan. Menyenangkan kan kalau bisa mendapatkan tunik yang di waktu reguler harganya Rp. 400.000-an tetapi di saat diskon harganya tinggal Rp. 100.000-an? Rasanya sudah menghemat budget secara besar-besaran, apalagi tunik cantik yang didapatkan dua potong! Berapa ratus ribu rupiah coba penghematan semunya.

Nah, sepanjang bulan Ramadan ini di Tokopedia ada rangkaian promo yang akan membuat Ramadan kita makin ekstra. Dari bocoran yang saya dapatkan, akan ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan menjadi semakin ekstra! Meminjam istilah orang Jakarta – pantengin saja website atau aplikasinya. Eh, melalui pemesanan via aplikasi kita malah bisa dapat potongan ongkir, lho pada pembelanjaan pertama.



7. Bersenang-senang ekstra dengan Tokopedia selama Ramadan.


Dengan Shake-shake Ekstra Kejutan, ada keseruan di Lucky Egg & Grup Chat, buka  Ketupat Ekstranya pada pukul 17.00 – 18.00 (mulai 14 Mei) di mana ada kesempatan membeli iPhone X dengan diskon yang sangat miring, hingga 95%, nonton Net TV, dan ikuti keseruan grup Chat-nya pada waktu-waktu tertentu. Cek di https://www.tokopedia.com/ramadan/ untuk lebih jelasnya, ya.

Promo pembelian pertama produk digital yang sedang berlangsung di Tokopedia

Sebenarnya sejak tanggal 1 Mei ini ada kemudahan-kemudahan Ekstra di Tokopedia. Sepanjang bulan Ramadan pun akan terus ada. Saya saat ini sedang mencoba pembelian produk digital untuk pertama kalinya dengan menggunakan kode BARUCOBA, sayangnya saat klik pembayaran barulah tersadar kalau saldo saya tak cukup. Jadi saya sudahi saja, ya tulisan ini. Saya sarankan Anda browsing sendiri ke website-nya, jangan lupa ikuti tips ekstra belanja online yang sudah saya paparkan di atas. Saya mau isi saldo Tokopedia dulu.

Makassar, 14 Mei 2018




Share :

4 Komentar di "Tips Ekstra Belanja Online di Bulan Ramadan"

  1. terimakasih bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  2. Diriku belum donlot aplikasinya, biasanya belanja di toped suka pake browser sih. Biar puaass.

    ReplyDelete
  3. Bisik bisik tetangganya bermanfaat banget ya ka. Aku juga suka belanja di tokopedia, sellernya banyak sihh soalnya.

    ReplyDelete
  4. Saya tunggu-tunggu ini promonya yang tanggal 25 Mei itu. Penasaran, siapa tahu banyak cashback seperti promo yang pernah ada. Lumayan itu untuk hemat bayar-bayar tagihan. Hehehehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^