Tendangan Kemanusiaan Andy F. Noya

Tulisan ini merupakan tulisan ke-8, catatan saya selama mengikuti Festival Forum KTI tanggal 17 – 18 November lalu. Silakan baca tulisan-tulisan saya yang lainnya: Graphic Recorder, Profesi Kreatif Keren Abad Ini, KTI, Masa Depan Indonesia, Pengelolaan Air dan Penanggulangan Bencana di Kaki Rinjani,  Inspirasi dari Timur: Rumah Tunggu Penyelamat dan Wisata EksotisInspirasi dari Penjaga Laut Tomia Gerakan Gebrak Malaria dan Pejuang Legislasi Malaria dari Halmahera Selatan, dan Petani Salassae Mewujudkan Kedaulatan Pangan

Lelaki plontos itu duduk tenang sejak pagi di kursinya. Ia terlihat menyimak apa yang sedang berlangsung di panggung inspirasi. Ia duduk di deretan kursi bagian belakang di ball room Hotel Aston pada hari pertama Festival Forum KTI VII. Walau penampilannya tak menyolok mata, lelaki itu menarik perhatian banyak orang yang hadir di ruangan besar itu.


Dialah Andy Flores Noya, presenter yang terkenal dengan talkshow Kick Andy di Metro TV. Kalau Anda penggemar talkshow ini, atau setidaknya pernah nonton beberapa kali, Anda pasti juga akan mengenalinya.

Andy tampil pada sesi terakhir dari rentetan acara pada hari pertama di panggung inspirasi. Ketika gilirannya tiba, ia naik ke atas panggung. Pembawaannya amat rileks. Sesekali ia tampil bak seorang stand up comedian yang tampil solo atau duet dengan Luna Vidya – MC di panggung inspirasi Festival Forum KTI VII. Berbeda saat baru pertama kali membawakan Kick Andy. Saya masih ingat pada episode-episode awalnya, waktu masih tampil dengan rambut kribonya, Andy masih kelihatan kaku dan gugup. Sampai-sampai saya berpikir, “Apa, sih keistimewaan orang ini? Mengapa harus dia yang membawakan acara itu?”

Andy F. Noya dan Luna Vidya
Mula terjun sebagai wartawan, Andy membantu Majalah Tempo untuk penerbitan buku Apa dan Siapa Orang Indonesia. Saat itu, lelaki berdarah Ambon, Jawa, Belanda, dan Portugis itu masih sekolah di Sekolah Tinggi Ilmu Publistik (STP). Tahun 2000 Surya Paloh meminta Andy untuk menjadi pemimpin redaksi di Metro TV. Tahun 2003 Andy ditarik kembali ke Media Indonesia dan menjadi pemimpin redaksi di sana. Memasuki tahun 2006 saat Don Bosco Selamun, pemimpin Metro TV mengundurkan diri, Andy diminta merangkap menjadi pemimpin redaksi Metro TV (menggantikan Don Bosco Selamun)[1].

Andy kemudian belajar banyak mengenai jurnalisme televisi. Ia lalu dipercaya menjadi host acara yang diambil dari namanya – Kick Andy. Acara ini menghadirkan kisah nyata yang informatif, edukatif, dan inspiratif. Topik dan tamunya tak dibatasi. Tak sedikit sosok inspiratif dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang pernah tampil di acaranya.

Beberapa kali diundang ke festival semacam ini oleh BaKTI, Andy mengaku tak menerima undangan itu. Baru kali ini kabar dirinya diundang sampai kepadanya. Ia mengaku senang bisa menyaksikan inspirasi dari para “pahlawan yang bekerja dalam sunyi” yang tampil hari itu.

Sepuluh tahun memandu Kick Andy, Andy mengaku belajar banyak dari orang-orang “kecil”. Sebenarnya setelah 5 tahun mengudara, terpikirkan olehnya untuk memberhentikan tayangan Kick Andy. “Mumpung masih berada di puncak. Kalau dihentikan, orang masih terkenang,” ujarnya berkelakar. Namun niat itu diurungkan karena orang-orang di sekitarnya menegurnya, “Andy, jangan egois!”

Kick Andy Foundation terbentuk, setelah terinspirasi Buyung Feri dan ibundanya Nila, asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat dan juga Sugeng asal desa Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur.

Andy menceritakan kembali perihal Buyung yang mengalami keterbatasan penglihatan yang hidup bersama ibunya yang lumpuh akibat penyakit asam urat. Setiap harinya mereka berdua menempuh perjalanan sepanjang 40 kilometer demi menjajakan sapu lidi. Hidup mereka penuh keterbatasan tetapi tidak pernah mengemis. Buyung yang harus menarik gerobak yang menampung ibunya dan berjalan menyusuri jalan-jalan kampung atas arahan ibunya pun tak pernah mengeluh capek[2].

Duet stand up comedy :)) 
Buyung dan ibunya mendapat bantuan dari penonton Kick Andy, Fahmi Idris yang kala itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian, dan ibu Mufidah – istri Wapres Jusuf Kalla sebesar Rp. 150 juta.

Sugeng, sang loper susu, kemudian menjadi inspirator terbesar sehingga Kick Andy Foundation membuat Gerakan 1000 Kaki Palsu Gratis[3]. Kecelakaan saat di bangku SMA membuat Sugeng terpaksa kehilangan kaki kanannya. Ia membuat sendiri kaki palsunya dan memiliki bengkel kaki palsu di rumahnya.

Uniknya, Sugeng tak pernah mau dibayar. Kalau ada yang memesan kaki palsu ia mengatakan, “Saya tidak jualan kaki palsu.” Sugeng giat menyempurnakan kaki palsu bikinannya. Ia merancang kaki palsu yang nyaman terasa bila ditekuk. Bahkan ia merancang kaki palsu yang bisa ditekuk saat shalat. Kini kaki palsunya sudah seri 8.

Sempat-sempatnya ada adegan selfie :))
Gerakan 1000 Kaki Palsu yang diusung Kick Andy Foundation membeli kaki palsu dari Sugeng. Kaki palsu dibagikan gratis kepada yang membutuhkan sampai akhirnya modal yang dipunyai Kick Andy Foundation habis. Setelah itu tak ada lagi kaki palsu yang dibagikan. Saat ditanyakan oleh Sugeng mengenai kelangsungan Gerakan 1000 Kaki Palsu. Andy hanya bisa menjawab, “Uangnya habis.”

Sungeng langsung berangkat ke Jakarta, menyerahkan uang ratusan juta rupiah yang diberikan oleh Kick Andy Foundation untuk membeli kaki-kaki palsu yang sudah dibagikan itu. Uang tersebut masih utuh di tangannya, bahkan ia meminta supaya program kaki palsu gratis itu dilanjutkan kembali. Masya Allah, luar biasa, ya Sugeng ini.

Tak hanya bercerita tentang Buyung dan Sugeng, Andy juga membagikan kisah-kisah inspiratif lainnya, bahkan beberapa sosok inspiratif menemaninya di atas panggung inspirasi, membagikan kisah kepada hadirin di dalam ruangan. Siapa sajakah mereka? Tunggu di tulisan berikutnya yaa ...

Makassar, 30 November 2015

Bersambung

Silakan disimak tulisan-tulisan lainnya yaa:
  1. Graphic Recorder, Profesi Kreatif Keren Abad Ini
  2. KTI, Masa Depan Indonesia
  3. Pengelolaan Air dan Penanggulangan Bencana di Kaki Rinjani.
  4. Inspirasi dari Timur: Rumah Tunggu Penyelamat dan Wisata Eksotis
  5. Inspirasi dari Penjaga Laut Tomia
  6. Gerakan Gebrak Malaria dan Pejuang Legislasi Malaria dari Halmahera Selatan.
  7. Petani Salassae Mewujudkan Kedaulatan Pangan





[1] Sumber: booklet Festival Forum KTI VII, Inspirasi dari Timur, BaKTI.

[2] Yang ingin tahu kisah lebih lengkapnya tentang Buyung Feri, silakan simak di https://groups.yahoo.com/neo/groups/floravaganza/conversations/messages/926

[3] Tentang Gerakan 1000 Kaki Palsu Gratis dan Sugeng bisa disimak di https://www.facebook.com/KBMIndonesia/posts/455158671204195 dan https://www.facebook.com/note.php?note_id=190147896646


Share :

12 Komentar di "Tendangan Kemanusiaan Andy F. Noya"

  1. Kick Andy, acara yang menginspirasi. Seperti tulisan ini, sayang, bersambung terus :)

    ReplyDelete
  2. Cerita tentang pak sugeng loper susu yang membuat sendiri kaki palsu dan punya bengke kaki palsu ini begitu inspiratif ya mbak. Salut sekali.

    ReplyDelete
  3. Inspiratif sekali, Makasih udah share.

    ReplyDelete
  4. mbak mugniar jg semakin mantap liputannya.. barakallah pejuang dlm sunyi :)

    ReplyDelete
  5. org2 hebat..
    pak buyung danbpak sugeng

    ReplyDelete
  6. Makasih sharenya mba, menginspirasi :)
    Saya baru tahu kepanjangan Andi F Noya itu, Andi Flores Noya, hehe.. #kudet

    ReplyDelete
  7. mantap euy, keren nih reportasenya, thanks mbk infonya :)

    ReplyDelete
  8. Bang andy, favorit saya banget.... Thanks mbak review nya... #Bighug

    ReplyDelete
  9. Komplit sekali tulisannya kak. saya jadi tahu banyak hal ttg andi. Ternyata ia pernah ke beberapa media. Semoga makin banya org2 yang menginspirasi...

    ReplyDelete
  10. Wah wah ... kisanhnya sangat inspiratif. Semoga ada Andy Andy yang lain. :)

    ReplyDelete
  11. Kak niar udah kayak jurnalis aja nih
    Mantap bangetlah tulisannya, mudah dimengerti dan asyi bacanya

    ReplyDelete
  12. dari dulu sampe sekarang tetep seneng liat tayangan kick Andy

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^