Bahagianya Ngeblog Bagi Seorang Emak

Tulisan ini diikutkan seleksi awal ajang Srikandi Blogger 2014, dikirim via e-mail kepada panitia (sebelum tulisan yang ini dan yang itu, tulisan ini merupakan salah satu pertimbangan hingga ditentukan 50 Finalis Srikandi Blogger 2014).
Nama lengkap saya adalah Mugniar Marakarama. Nama pena saya MUGNIAR. Saya adalah ibu dari tiga orang putra-putri yang amat sreg menjadi seorang blogger. Saya aktif mengasuh blog Mugniar’s Note (http://mugniarm.blogspot.com) sejak permulaan tahun 2011. Passion saya dalam menulis baru benar-benar digeluti sejak dua tahun lalu di saat usia saya menginjak angka 37.

Menulis amat menyenangkan bagi saya karena merupakan kegiatan dokumentasi kehidupan yang senantiasa saya potret dan simpan di blog untuk bekal anak dan keturunan saya kelak, juga sebagai refreshing dari segala kepenatan hidup sehari-hari. Saya pun berharap blog bisa menjadi salah satu ladang amal jariyah di masa mendatang. Sebagai ibu rumahtangga tanpa asisten, ngeblog amat membantu menjalani hari-hari saya dalam melewati fase-fase jenuh dan stres keseharian.


Blog saya berisi aneka kategori dengan total tulisan sebanyak 1049 tulisan. Secara umum, tulisan ini berisi tentang pengalaman saya dengan anak-anak (tentang keseharian juga visi dan misi saya dalam berkeluarga), hikmah dari berbagai peristiwa yang saya alami, reportase berbagai kegiatan yang saya ikuti, kegiatan saya dalam menulis dan ngeblog, 6 posting-an dari sulung saya – Affiq, dan 1 tulisan suami saya.

Saya pernah ngeblog (pada tahun 2006 – 2009) lalu vakum dan mulai ngeblog lagi pada Januari 2011. Tulisan-tulisan di blog ini merupakan gabungan dari tulisan-tulisan di blog lama (sebanyak 80-an tulisan dari blog http://mugniar.blogspot.com (sekarang www.mugniar.com) yang mengisi arsip November – Desember 2010) dan tulisan-tulisan sejak aktif kembali ngeblog hingga sekarang.

Saya belajar menulis secara otodidak, mengikuti banyak audisi menlis, dan menjadi kontributor dari 12 buku/antologi sejak tahun 2011. Saya memenangkan event Book Your Blog (penerbit Leutika Prio, 2011) yang berbuah dibukukannya beberapa tulisan di blog saya ke dalam buku berjudul LAKON FRAGMENTARIS. Sebuah pengalaman berharga saya peroleh ketika menjadi salah seorang penulis partisipan pada Makassar International Writers Festival (2012). Saya pun memenangkan beberapa lomba blog.

Membahagiakannya, ngeblog ternyata tak hanya melatih kemampuan menulis, melainkan juga membuat saya memiliki banyak teman di dunia maya dari berbagai kalangan dan berbagai daerah. Beberapa pernah berjumpa di dunia nyata dan kami bisa langsung berbincang dengan akrab. Blog pun menjadi wadah aktualisasi diri dan menjadi pintu rezeki. Bahagia sekali rasanya ketika ada orang yang menyukai tulisan saya di blog dan mengatakannya secara langsung atau melalui inbox facebook. Bahkan baru-baru ini ada yang mengirimkan surat di wall facebook saya. Surat yang sangat indah.



Video 50 Finalis Srikandi Blogger 2014, karya mas Lozz Akbar
(tadinya ada videonya tapi sudah tidak ada lagi makanya
di-remove, update 271019)

Berikut cuplikan suratnya yang berhasil menitikkan air mata haru saya:

Kak, aku menaruh rasa kekaguman yang besar pada perempuan sepertimu. Perempuan yang menanggalkan mimpi-mimpinya untuk membangun mimpi baru bersama keluarga kecilnya.Sungguh Kak. Aku tidak merayu atau membual. Di luar sana, tidak banyak perempuan yang seberani Kau. Tidak banyak, Kak
.
            Kekagumanku bertambah saat kubaca tulisan-tulisan di blog pribadimu. Dari sana, aku mencoba mengeja, betapa Kau adalah pendidik yang terus memperbaharui diri. Kau senang membaca dan menulis. Masya Allah Kak, pun tidak banyak ibu yang mau terus belajar saat mereka telah disibukkan dengan pekerjaan mengurus anak, suami, dan rumah.

Jangan Kau sedih lagi ! Kuatkan hatimu dan berbanggalah dengan profesimu. 
Selalu bersyukur atas tiga matahari yang Kau miliki. Sebab, tak semua perempuan bisa menjadi sempurna dengan dikaruniai buah hati. Besarkan hatimu, Kak! Semoga segala perjuanganmu dibalas setimpal oleh Tuhan. Aamiin.
Semoga ada waktu bertemu, bercerita banyak hal tentang kehidupan denganmu.

Ada rasa malu membacanya karena saya tak sesempurna yang tertera di atas. Namun surat ini menunjukkan bahwa menulis dan ngeblog bisa membuat dua hati saling menyentuh, membuat segala rasa mencuat dan mendekatkan saya kepada penulisnya yang belum pernah bertatap muka dengannya.

Satu cita-cita saya adalah bisa ngeblog seumur hidup, sampai di saat akhir ketika saya benar-benar tak bisa menulis lagi.

Demikian resume tentang diri, blog, dan keseharian saya J.


Makassar, 10 Desember 2013


Special thank to adinda Andi Sri Wahyuni Handayani atau yang akrab disapa Andis, atas kiriman surat indah itu.


Share :

17 Komentar di "Bahagianya Ngeblog Bagi Seorang Emak"

  1. ikutan srikandi jadi tahu personal masing2 peserta finalis ya mbk,seneng bisa mengenal langsung para finalis,termasuk mbk niar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang juga bisa mengenal mbak Hanna dengan lebih baik. Seandainya masih tinggal di Rumbai pingin deh main ke Siak :)

      Delete
  2. "Satu cita-cita saya adalah bisa ngeblog seumur hidup, sampai di saat akhir ketika saya benar-benar tak bisa menulis lagi."

    Mantap

    ReplyDelete
  3. Selamat berjuang ya Niar dan melaju ke babak selanjutnya. Insya Allah jadi pemenang sehingga nanti kita ketemu di Jakarta. Amin :)

    ReplyDelete
  4. Semoga berjaya di seleksi selanjutnya ya mbak Niar

    ReplyDelete
  5. Selamat bun. Sukses selalu yaaa :)

    ReplyDelete
  6. seperti saya juga pengen bisa ngeblog sp kapanpun, Mak :)

    ReplyDelete
  7. dan dengan bermodalkan menulis pula bisa masuk nominasi Srikandi Blogger ya bu,,

    ReplyDelete
  8. Semoga bisa menjadi lebih baik..

    blogwalking..

    ReplyDelete
  9. lama saya gak kemari..
    bener bgd ya klo jadi emak2 enak nulisnya meski banyak anak dibuat asik..
    kllo aku kadang ditempat kerja sambil pusing hehe...
    ayo kita wariskan menulis
    emak2 srikandi

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^