Air Mata Tri Rismaharini

Apa karena walikota Surabaya, bu Ir. Tri Rismaharini, MT perempuan maka sepanjang acara Mata Najwa ia banyak terlihat mengeluarkan air mata? Saya kira bukan hanya karena ia perempuan. Memang benar, perempuan lebih peka dari lelaki. Tapi jangan lupa, khalifah Umar bin Khaththab juga sering menangis bila menjumpai ada rakyatnya yang kesusahan.

Bahkan di dalam buku cerita anak ini pun dikisahkan demikian. Ada beberapa kejadian di mana beliau sangat kaget mendapati ternyata ada rakyatnya yang miskin. Sampai-sampai Umar marah kepada dirinya sendiri, “Umar pemimpin yang buruk, Umar pemimpin yang buruk!”

Tri Rismaharini

Lalu kalau Umar menangis, apakah kelelakiannya diragukan? Tentu tidak. Siapa bilang lelaki tak boleh menangis? Menangisnya seseorang seperti Umar dan bu Tri itu kan tanda kepekaan hatinya, juga tanda bahwa mereka begitu sadar pertanggungjawaban seperti apa yang kelak mereka akan hadapi di akhirat.

Dalam wawancara dengan Najwa Shihab tadi
malam, bu Tri melontarkan ketakutannya tak masuk surga bila kelak ada warga Surabaya yang menuntutnya karena hidupnya tak sejahtera! Masya Allah, berulang kali saya memuji Allah saat nonton Mata Najwa malam ini.

Ia menceritakan tentang anak-anak yang berusaha ia bebaskan dari ancaman trafficking, tentang para PSK, tentang caranya menangani beberapa masalah, dan lain-lain. Khusus tentang trafficking dan PSK, sungguh mengaduk-aduk perasaan saya. Betapa kasihan anak-anak yang “terpaksa” menjadi PSK, betapa kasihan para PSK dewasa yang terjebak ke lembah prostitusi itu. Termasuk seorang PSK usia 60 tahun yang pelanggannya anak-anak usia SD dan SMP!

Dengan sekuat tenaga ia berusaha mencarikan solusi bagi berbagai masalah yang muncul. Untuk menangani masalah banjir saja ia mengeluarkan berbagai cara, mulai dari turun ke jalan di kala hujan, memeriksa aliran air, membereskan got yang mampet dengan tangannya sendiri, hingga meminta semua stafnya untuk berdo’a.


Ya Allah, lindungilah bu Tri, kuatkan ia, sabarkan ia. Biarkan ia menyelesaikan masa jabatannya dengan aman dan lancar. Aamiin.

Makassar, 13 Februari 2014


Share :

4 Komentar di "Air Mata Tri Rismaharini"

  1. Saya sangat shock ketika mendengar kalau pelanggannya itu anak SD-SMP dengan uang 'imbalan' 1000 Mak. Rasanya sangat menampar hati saya. Segitu murahnya??

    ReplyDelete
  2. orang seperti bu Tri Rismaharini ini langka ya mak :'(
    semoga semakin banyak wanita yg berhati mulia dan berjuang demi rakyat seperti bu Tri Rismaharini

    ReplyDelete
  3. Saya lihat mata najwa, dan memang penuh linangan air mata, tapi air mata yang murni dan jujur dari seorang Tri Rismaharini. Semoga beliau tetap kuat dan sabar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^