Binahong – Si Hijau yang Berkhasiat

BINAHONG – namanya kedengaran aneh. Tetapi khasiatnya luar biasa.

Dua bulan yang lalu, tanaman ini tumbuh subur di pekarangan samping. Ayah menyiapkan tempat merambatnya dari kayu yang ditata sedemikian rupa. Dulu binahong seperti berebut tempat dengan paria yang juga tumbuh menjalar. Saat ini tanaman itu nyaris gundul. Mungkin karena pengaruh cuaca ekstrim yang bisa tiba-tiba berubah panas-terik menjadi hujan-dingin. Paria malah sudah tak ada lagi.


Binahong (Latin : Bassela rubra linn, Inggris : Heartleaf maderavine madevine, Cina : Deng san chi) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.
 Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya[i].
Dua bulan yang lalu masih subur seperti ini
Merambat hingga ke tali jemuran (2 bulan yang lalu)

Khasiatnya sangat banyak. Selain daun, konon batangnya pun bisa dipergunakan. Yang umum dikenal adalah menyembuhkan luka luar. 

Selain itu bisa pula meningkatkan vitalitas pria, juga dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke[ii].
Fotokopian tentang khasiat binahong

Dari sebuah fotokopian yang diperoleh ayah saya dituliskan:

Untuk mengobati luka ringan karena sayatan pisau atau benda tajam yang tak disengaja: 1 lembar daun binahong diremas dengan tangan sampai hancur lalu dibobok dengan cara menutupkannya pada luka. Untuk luka sehabis operasi, minum sehari sebanyak dua kali. Dalam sekali minum  menggunakan 3 lembar daun yang sudah agak tua. Cuci bersih, masukkan dalam gelas. Siram dengan air panas. Diamkan hingga suhunya memadai untuk diminum[iii].

Ada pula yang menyebutkan khasiatnya untuk mengatasi: pembengkakan jantung, pembengkakan lever, memulihkan stamina setelah sembuh dari sakit, rhematik, nyeri otot, asam urat, mencegah stroke, sesak napas, disentri, diabetes, radang usus besar, keputihan, menyuburkan kandungan, dan kerusakan ginjal[iv]

Ada tetangga yang menyembuhkan bengkak bernanah di pangkal kuku jempol kakinya dengan daun ini. Ada pula ustadz yang ceramah di masjid menyembuhkan luka karena diabetesnya. Kalau kawan mendapatinya di sekitar rumah, tak ada salahnya dicoba ^__^

Sekarang tinggal sedikit, kekuningan pula warnanya

Makassar, 18 Maret 2012

Dibaca juga dong J:





[i] http://id.wikipedia.org/wiki/Binahong
[ii] http://benyaliwibowo.wordpress.com/
[iii] Berdasarkan wawancara dengan ibu Katemi (ibu Munir), Surabaya.
[iv] http://www.didiksugiarto.com/


Share :

37 Komentar di "Binahong – Si Hijau yang Berkhasiat"

  1. baru tau juga tuh nama tumbuhan binahong, kira2 dirumah ada nggak ya.. *tanyaibu* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ada ya, ternyata manfaatnya banyak sekali :)

      Delete
  2. untuk mendapatkan Binahong hub sj http://mugniarm.blogspot.com.., hehhe.., nice info..,

    btw tumbuhan i2 adalah tumbuhan khusus atau umum., mksdx hampir ada disetiap tempat atw emank didatangkan dr tempat2 tertentu..??? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk bisa lagi didapatkan di tempatku, Lentera Langit. Soalnya tinggal sedikit seekali, tidak sesubur dulu :D

      Kalo yang di rumah, ada yang memberikannya pada ayah saya. Kami pun belum pernah mengenalnya. Ada yang memberikannya baru ketahuan. Tapi katanya cepat/gampang tumbuhnya ^__^

      Delete
  3. saya pernah dengar cerita kawan tentang tanaman binahong ini mbak, tapi saya belum pernah lihat wujud aslinya mbak, jadi makin penasaran nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti khasiatnya memang sudah benar-benar terbukti ya mami Zidane ...

      Delete
  4. aku pernah dengar kak nama tumbuhan ini, tapi jga blm liat lngsung wujud penampakan nya.,nice share kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, melihatnya dari postingan ini ya Tia :)

      Delete
  5. Kalau ane tahunya binahong buat obat sakit perut doang. Pasti jarang yang kenal dengan binahong.
    Tanaman binahong gampang tumbuh. Potong batangnya yang ada akarnya, tancapkan ke tanah udah deh tumbuh subur, tinggal tempat merambatnya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, buat sakit perut juga mas Yitno? Dikompres gitu?

      Delete
  6. dulu dibelakang rumah saya banyak banget tanaman ini, sampai merambat ke genteng. Bahkan saya pun sering menggunakannya sebagai jamu.. Benar kok khasiatnya bisa bikin badan seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... jadi nyesel saya mas. Waktu sedang banyak2nya tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Sebelum menulis ini saya cek di pekarangan samping ... walah tinggal sedikit, kekuningan pula warnanya tak sehijau dulu ...

      Delete
  7. jadi inget nenek yang suka makan binahong...
    salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dimakan? Dijadikan sayur? Atau dikunyah langsung kayak sirih begitu?

      Saya ini seorang ibu ... bukan mas2 ... hiks ...

      Delete
  8. sering liat tanaman itu tp sekarang baru tahu namanya binahong....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak di lingkungan ta'? Dijadikan jamu saja Atma, tuh mas Lozz komen di atas, dulu katanya sering dijadikan jamu :)

      Delete
  9. wah bisa di trasnver ke tempat ane ga ya sist.?

    ReplyDelete
  10. aku juga baru tau ada tanaman itu, kira kira susah ga ya ngerawatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sih ... dibiarkan saja bisa subur sebenarnya. Yang di rumah mungkin karena cuaca ekstrim kali ya jadi makin berkurang ...

      Delete
  11. sering lihat tapi baru tau lo ada kasiat dan kegunaanya begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering liat ya ... wah bisa langung digunakan tuh .. :)

      Delete
  12. ternyata manfaatnya sungguh banyak ya, trimakasih ya sudah berbagi info yang sangat bermanfaat ini :)

    ReplyDelete
  13. saya tahu tanaman dan khasiatnya dari ini dari ibu saya di bandung...ibu say atahunya dari ibunya....:) turun temurun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbak Rina sudah sering merasakan khasiatnya berarti ya mbak? Paling sering dipakai untuk obat apa? ^__^

      Delete
  14. jadi kangen sama rumah... Hampir semua pagar yang ada dirumahku di lilit tumbuhan ini. ada aja setiap harinya tetangga yang minta daunnya... Katanya sih buat obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subur sekali tumbuhnya ya ... sudah dimanfaatkan warga sekitar rupanya. Kalau di lingkungan saya belum lama, baru juga pada tahu ...

      Delete
  15. betul, sy juga punya tanaman binahong. suka juga pakai buat bobok wajah bisa ngilangi jerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat maskeran bagus juga kali ya mbak Rosa?

      Delete
  16. wah teryata daun ini sangat bagus juga yah buat menyembuhkan luka sehabis operasi..

    ReplyDelete
  17. full khasiat, yaa..
    nice info, BUnda :) :)

    ReplyDelete
  18. emang daun2,nya yg sangat mujarap ea,

    ReplyDelete
  19. Komentar yang sangat terlambat , tapi better late than never....
    Masih hidupkah binahongnya mbak? Kalau ada kesempatan buat silaturahmi lagi, saya minta boleh ga? heheheee

    ReplyDelete
  20. ternyata mak Niar udah nulis binahong duluan. ga diikutkan lomba jamu mak?

    ReplyDelete
  21. di rumah saya bayak sekali daun binahong tapi
    saya tidak tau khasiatnya
    bisa langsung di pratekkan nih :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^