CFD Pertama Setelah Lebaran Tahun Ini

CFD Pertama Setelah Lebaran Tahun Ini – “Mama mau ke mana?” tanya si bungsu Afyad. Seharusnya dia sudah tahu saya mau ke mana sebab saya sudah duduk di antara dirinya dan Athifah di atas bajaj. Kami sedang menuju CFD (car free day) di jalan Boulevard. Ini pertanyaan kedua yang dilontarkannya sejak melihat saya berpakaian lengkap. Dari nada suaranya, sepertinya dia enggan pergi bersama saya di Ahad pagi itu. 😅

CFD Pertama Setelah LEbaran di Makassar

Lho, Mama kan mau ke CFD!” seru saya padanya. Si bungsu bertubuh bongsor ini menunjukkan mimik dan lenguhan penolakan secara halus. Saya menoleh kepada Athifah dan menceritakan reaksi adiknya sembari tertawa. “Masa adikmu cuma mau jalan dengan Athifah,” ujar saya pada putri satu-satunya. “Ada rencananya itu, Ma kalau begitu,” ucap Athifah. “Kakak Athifah duluan ajak Mama sebelum bilang ke Afyad,” saya menoleh pada Afyad.

Singkat cerita kami pun tiba di CFD. Ujung jalan Boulevard, dekat jalan Pettarani sudah ditutup karena sudah pukul 8 lewat. Mau tidak mau kami harus mulai berjalan kaki menuju ATM yang saya tuju.

Saya masih saja excited melihat CFD dan keramaiannya  walaupun di kali pertama CFD buka setelah lebaran tahun ini tidak seramai CFD sebelum-sebelumnya. Barang-barang yang dijual sangat beragam. Mulai dari aksesori seperti gelang dari manik-manik, pakaian dalam, ikan hias, hijab, aneka pakaian, minuman ringan, snack, lauk-pauk, makanan berat, mainan anak, hingga  produk bank.

Ada hal unik yang saya lihat …. Sekumpulan orang mengerumuni ular berukuran besar berwarna kekuningan. Di dekat ular itu ada seekor burung berukuran cukup besar, tampaknya sejenis elang. Biasanya lapak yang seperti ini menjual jasa berfoto bersama hewan tapi tidak tahu lapak yang di CFD ini karena saya tidak mengamati dari dekat, sembari terus berjalan kaki.

Peduli Sampah di CFD

Satu lagi pemandangan unik yang saya saksikan, sekelompok pemuda berpakaian hitam membawa kantong-kantong plastik besar berwarna hitam. Mereka menyisiri area CFD. Sambil mengumpulkan sampah mereka berseru, “Sampah … sampah!”. Salut, masih ada anak-anak muda seperti ini.

Sampah masih menjadi isu besar di kota ini karena masih banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Keberadaan mereka membantu mengatasi sampah yang berserakan di sejumlah titik di area CFD.

Saya dan anak-anak terus berjalan kaki ke arah Supermarket Berkah. Afyad meminta izin untuk masuk berbelanja di situ bersama kakaknya. Hm, rupanya ini rencana dia, berbelanja di toko ini. Anak bungsu ini masih punya duit hadiah lebaran. “Mau beli apa?” tanya saya. Afyad menyebut salah satu brand susu UHT.

Saya membiarkan dua anak ini masuk ke dalam Supermarket Berkah sementara mata saya masih berkelana mencari lauk yang cocok dibawa pulang. Saya menemukan lapak Raja Pepes di depan Supermarket Berkah yang menjual pepes tahu tuna. Tanpa pikir panjang, satu bungkus pepes tahu tuna seharga Rp25.000 dan kering tempe seharga Rp15.000 segera berpindah ke dalam kantung kresek di tangan saya.

Saya masih di sekitar Supermarket Berkah ketika Athifah menelepon. Saya menunggu kedua buah hati di dekat booth sebuah bank milik pemerintah. Promo bank ini menarik, menjual minuman ion hanya Rp1 (satu rupiah) asalkan membeli menggunakan aplikasi mobile banking.

CFD Boulevard Makassar


Sementara menunggu anak-anak saya sempat berpikir untuk membuka rekening di bank itu ketika mendengar tawaran saldo Rp100.000 jika ingin membuka rekening. Maklum mamak-mamak, mudah terpikat bonus haha. Untungnya saya masih berpikir lurus. Dengan cepat saya memutuskan tidak perlu membuka rekening baru. Sudah cukup ada sejumlah aplikasi mbanking dan e-money di smartphone saya. Nambah satu terlalu banyak. 😆

Kami melanjutkan berjalan kaki lurus ke arah timur. Tak terasa kami makin mendekati Toko Citra Cosmetics. Teringat rencana berbelanja dua mingguan, saya mengajak anak-anak masuk ke dalam toko. Sekira 20 menit lagi CFD bubar. Waktu yang tepat untuk berbelanja. Usai berbelanja pasti sudah bisa memesan transportasi umum untuk pulang ke rumah.

Benar saja, keluar dari Citra Cosmetics, kami sudah bisa memesan bajaj. Sepanjang perjalanan pulang, kami video call-an dengan keluarga adik saya di Bandung. Waktunya pas, ponakan sedang diantar menuju pondok pesantrennya. Pembicaraan kami berhenti tepat saat mreka tiba di stasiun. Lega rasanya, sepagi ini sudah melakukan beberapa hal –beli lauk untuk makan siang, belanja dua pekanan, dan teleponan.

Makassar, 22 April 2024



Share :

0 Response to "CFD Pertama Setelah Lebaran Tahun Ini "

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^