Blogger Makassar di Lintas Nusantara

#4 BN2012
(Tulisan ke-4 terkait Kopdar Blogger Nusantara)


Seingat saya, pertama kali ngeblog adalah pada tahun 2006. Waktu itu blog http://mugniar.blogspot.com diisi catatan-catatan harian. Karena tak punya akses internet sendiri (harus ke warnet) jadi blognya tidak terlalu sering di-update. Akhirnya entah mengapa, saya tak bisa membukanya lagi. Kata penguasa blogspot, karena saya sudah mengganti password-nya. Padahal saya tak merasa tuh.

Maka jadilah blog itu nganggur begitu saja. Sampai akhirnya blog baru ini dibuatkan oleh suami. Isi blog lama dan arsip tulisan di hardisk dipindahkan ke sini, menempati posisi bulan November – Desember 2010. Lalu saya pun rutin mengisi blog ini sejak Januari 2011.

Konyolnya saya, dulu itu saya tak bergabung dengan komunitas blogger mana pun. Kali ini saya belajar dari blog lain, seperti blognya kak Amril Taufik Gobel – senior saat di kampus dulu. Melaluinya, saya tergerak mendaftar Id Blognetwork. Alhamdulillah dengan mulus mendapatkan rekomendasi dari kak Amril. Lalu saya dengan sok akrab mendekati pak Jonru Ginting – penulis yang hanya saya kenal wajahnya di internet, dengan mengirimkan pesan inbox FB. Syukurnya ia mau memberikan rekomendasi setelah saya menuliskan tentang sekolah menulis yang dikelolanya.

Tulisan pertama (dibuat 4 Oktober 2005) di arsip pertama blog lama (27 Maret 2006)

Saya juga mengunjungi web komunitas blogger Makassar - Anging Mammiri dan mencoba bergabung. Tapi karena masih gaptek, proses pendaftaran terhenti. Saya juga masih bingung dengan syarat: Pernah mengikuti kopdar (pertemuan) dan berinteraksi secara langsung dengan anggota Komunitas Blogger Makassar lainnya, baik secara resmi atau pun tidak resmi. Minimal mengikuti kegiatan Tudang Sipulung. Lah, saya kan tidak pernah ikut kopdar?

Saat bertemu daeng Ipul di ajang Blogilicious pada bulan Mei 2011, ia mengatakan, “Bertemu seperti ini sudah terhitung kopdar.” Deng Ipul juga menyarankan saya mendaftar Anging Mammiri. Maka mendaftar kembalilah saya di web Anging Mammiri.

Satu lagi kekonyolan saya, meski pelan-pelan ada pengunjung blog yang masuk melalui facebook, saya jaraaaang sekali blog walking. Hingga suatu ketika melalui blog mama Sedja, saya tiba di blog milik Asop yang rame. Saat saya menanyakan apa rahasianya, Asop menjawab, “Saya rajin blog walking, Mbak.”

Saya lalu mencoba untuk lebih sering blog walking (BW: mengunjungi blog-blog lain dan meninggalkan komentar). Pelan-pelan saya bergabung dengan komunitas-komunitas blogger lain seperti Saronde, Warung Blogger, Blog Camp, Bloof (Blog of Friendship), BloggerNusantara, dan Kumpulan Emak Blogger. Hasilnya? Waaah saya jadi mendapat banyak sekali teman dan wawasan baru, dan tentu saja, kunjungan ke blog saya pun meningkat.

Bahkan, karena saya juga bergabung di beberapa komunitas kepenulisan di facebook (IIDN Interaktif, IIDN Makassar, Be a Writer, Pena Ananda Indie Publishing, dan lain-lain) dan sebuah grup pro ASI, blog saya juga mendapat tambahan kunjungan yang berasal dari kawan-kawan di komunitas-komunitas itu.

Walau “bergerak” dari sebuah bilik di bilangan Rappocini di Makassar, saya bisa merambah banyak tempat dan “bergaul” akrab dengan banyak orang dari seluruh pelosok Indonesia bahkan dengan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Melalui tulisan-tulisan ber-label Celebesiana di blog, saya bisa memperkenalkan kepada mereka tentang Makassar. Supaya mereka tak hanya mengenal Makassar seperti yang dikenalkan oleh media-media nusantara yang sering kali memberitakan tentang kejadian-kejadian di Makassar dengan picik.

Tarian 4 Etnis, membuka acara
Antusiasme peserta memperhatikan tarian 4 etnis
Atraksi Paraga yang memukau
Komunitas yang paling unik dari semuanya adalah BloggerNusantara karena mampu merubuhkan semua sekat antarkomunitas. Sungguh menggembirakan, Kopdar BloggerNusantara tahun ini diadakan di Makassar (dan rupanya Makassar bisa tonji jadi tuan rumah, sukses ki acaranya tawwa)! Saya sangat menanti-nanti acara ini. Teman-teman Bloof saya kabari. Saya juga mencoba mencari tahu, siapa teman-teman blogger dari luar Makassar yang bersedia hadir.

Rupanya ada Ismi Muthiah yang bersedia datang jauh-jauh dari Manado, mbak Indah Julianti dari Bekasi, dan mbak Anazkia dari Serang. Gembiranya saya bisa bertemu dan ngobrol sejenak dengan mereka di ajang ini. Senang juga bisa bertemu lagi dengan Rahmah yang sudah lama tak bersua, sejak ia pindah ke Palangkaraya. Selain itu saya bisa lebih mengenal adik-adik di Bloof dan bertemu dengan teman-teman Anging Mammiri yang menjadi panitia di ajang ini. Sayangnya, saya tak sempat ngobrol dengan bang Agus Lahinta, blogger Saronde – Gorontalo.

Selain bertemu mereka, yang tak kalah pentingnya dari ajang ini adalah materi-materi talk show yang diberikan dengan amat menarik dan bermanfaat. Nara sumber yang dihadirkan adalah orang-orang yang mumpuni dalam bidangnya. Ada Asri Tadda (Blogpreneur dan Internet Marketing), Just Silly (Blood for Life), Budi Putra (Social TV), dan Irwin Day (Nawala.Org). Ada pula dari pihak sponsor, yaitu: pak Awaluddin Tahir dan Dimas (XL), Kukuh Tw dan Leyla Fitriani (Id Blognetwork), dan Ardian Atmaka (Lintas.Me). Sedikit ulasan tentang materi yang diberikan bisa dibaca pada tulisan berjudul Meriah,Kopdar Blogger Nusantara 2012.

Adik-adik Bloofers, menyenangkan bisa "menyaru" muda dengan berada
di antara mereka. Jangan mencari diriku yah, saya tak ada di foto ini ^__^
Foto: Lathifah Ratih

Bila direnungkan, materi-materi yang diberikan pada Kopdar BloggerNusantara memberikan kesimpulan yang menarik:
  • Proses ngeblog membutuhkan proses yang tak sebentar. Butuh ketekunan dalam menjalankannya. Konten yang bermutu amat memegang peranan penting. Ngeblog yang dilakukan dengan passion besar bahkan bisa mendatangkan rezeki, bukan hanya materi tetapi juga non materi seperti kepuasan batin karena telah membantu sesama.
  • Dalam ngeblog, tentu saja dibutuhkan dukungan provider. Juga perangkat untuk mempercantik tampilan blog (semisal video) dan perangkat yang bisa menangkal segala bentuk kejahatan di internet.
  • Untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, bisa digunakan social sharing curation seperti Lintas.Me. Lintas.Me menyediakan berbagai fasilitas untuk menampilkan konten terbaik dari berbagai website dan blog dan menyajikannya kepada pembaca.
  • Meningkatnya pembaca blog sudah barang tentu bisa meningkatkan pendapatan melalui blog dan membangkitkan semangat untuk tetap ngeblog.


Well Kawan, kesimpulan yang saya tuliskan di atas itu serupa dengan pengalaman saya dalam ngeblog lho. Saya, seorang blogger Makassar di lintas nusantara ini, kini sangat menikmati ngeblog. Mungkin terkesan lebay bila saya mengatakan “Ngeblog adalah sebagian dari hidup saya kini”. Biar deh, biar lebay yang penting eksis he he he. Hmm ... betapa beruntungnya saya bisa hadir di acara ini yang entah kapan lagi diadakan di Makassar.

Makassar, 19 November 2012

Tulisan ini diikutkan Lomba Blogger Nusantara Bersama Lintas.Me



Silakan juga dibaca:



Share :

26 Komentar di "Blogger Makassar di Lintas Nusantara"

  1. semoga sukses ya mbak ikutan ngontesnya

    pasti seneng banget rasanya memiliki komunitas dalam kegiatan ngeblog kita, apalagi komunitas yang kita ikuti bukan komunitas asal asalan

    sekali lagi saya ucapkan semoga sukses mbak ^^

    ReplyDelete
  2. banyak pengalamannya ya, sudah bisa dibilang blogger senior.. semoga sukses mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mas Agus ....belum senior karena aktifnya lg baru mau 2 tahun

      Delete
  3. rajin ngeblog ya mbak mesyi harus ke warnet dulu

    ReplyDelete
  4. sayangnya aku gak ikut BN kemaren karena sesuatu hal..mungkin next time pgn bgt merasakan atmosfir para blogger

    ReplyDelete
  5. wah keren banget ya acaranya mau ikut deh

    ReplyDelete
  6. Dulu aku juga gak pernah BW Niar, maklum gak tahu ..Eh gara2 berkomentar di blog siapa gitu (lupa) aku sadar bahwa untuk berteman di sesama bloggerpun kita perlu melakukannya, seperti bergaul di dunia nyata, yaitu berinteraksi...Semoga dengan blog kita tambah gape menulis, membuat konten bermutu dan bermanfaat bagi orang lain yah. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ya ternyata harus demikian. Aamiin, semoga ...

      Delete
  7. Tentunya mengikuti Kopdar itu sedikit banyaknya akan menambah pengetahuan kita ya Mbak, khususnya pengetahuan tentang dunia blogging. Dan rupanya Mbak Mugniar ini merupakan Blogger senior toh?, karena sudah meulai menekuni dunia Blogging sejak tahun 2006 yang lalu, walaupun sempat beristirahat dari dunia blogging. Wah aku benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan Mbak Mugni, karena aku menekuni dunia Blogging ini baru 10 bulan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh masih berasa belum senior mas Rudy, karena aktifnya baru mau jalan 2 tahun :)
      Masih belajar terus koq

      Delete
  8. Oh lomba tho... semoga menang ya mbak.
    Asik dooong kemarin dateng kopdar blogger nusantara... hihihi

    ReplyDelete
  9. wah...postingan 'how to' kayak begini ini yang perlu kita baca, saya banget deh kayaknya. sudah lebih 2 tahun ngeblog, bikin postingan tentang arsitektur interior, craf dan inspirasi dari hal-hal keseharian. makasih mba Niar, mba juga pernah komen di blog saya. waktu itu blognya belum yang ini deh. salam kenal mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh waktu itu blog saya masih pake baju lama :D
      Makasih juga ya mbak Novie :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^