Pentingnya Suplemen Kalsium dan Vitamin D

Pentingnya Suplemen Kalsium dan Vitamin D - Hari ini ada yang berbeda dibandingkan hari-hari kemarin. Rasa pegal di punggung tidak terasa lagi usai saya menunaikan shalat subuh. Kemarin-kemarin, eh tepatnya sudah bertahun-tahun, pegal-pegal yang terasa saat bangun terbawa terus, bisa hingga seharian lamanya.

Sebuah Testimoni


Tapi hari ini rasanya lebih nyaman. Walau saat bangun masih merasa pegal, setelah bergerak otot terasa lebih rileks dan tak pegal lagi. Selain itu, gejala PMS (pre menstruation syndrome) juga berkurang, tidak sedahsyat bulan lalu.

Mengapa Saya Perlu Suplemen Kalsium dan Vitamin D


Sejak melahirkan si sulung hampir 19 tahun yang lalu, rasa pegal di panggul jadi bagian keseharian. Sering kali ketika bangun tidur, badan rasanya seperti habis “dipukuli orang sekampung”. Penggambaran yang berlebihan sih tapi pas untuk menggambarkan kepada Anda. 😀

Terakhir ada bantuan ART (asisten rumah tangga) itu sudah lama sekali, waktu melahirkan Athifah – lebih 13 tahun yang lalu. Itu pun hanya sampai Athifah berusia 2 bulan. Setelah itu, keseharian saya sama seperti ibu-ibu seindonesia raya: dapur – sumur – kasur. Bedanya, saya juga sibuk dengan laptop dan gadget.

Sumber gambar Wikipedia.

Di sela-sela aneka pekerjaan rumah tangga dan tugas sebagai ibu, saya juga mengerjakan berbagai hal di blog dan media sosial. Bukan sekadar menulis dan update akun-akun media sosial. Karena blog dan media sosial merupakan jalan rezeki saya juga maka nyaris setiap hari blog dan akun-akun media sosial harus saya maintenance.

Sebagaimana fisik, otak saya aktif terus. Tapi karena menulis merupakan passion, saya cenderung tak merasakan lelah walaupun usai menulis ribuan kata. Sebagian tulisan saya di blog ini terdiri atas 2000 kata, setiap selesai menulis saya merasa bahagia, bukan lelah. Rasanya lega dan bahagia karena telah “melahirkan” karya lagi.

Di sisi lain, fisik saya mudah terkuras. Terus bergerak dalam rumah yang berukuran sekira 19 x 13 meter persegi dari depan ke belakang, ke depan lagi, ke belakang, ke depan, begitu terus dari lepas subuh sampai jam 11 – 12 malam, tak ayal membuat saya pegal.

Di satu sisi saya senang karena bisa sembari berbakti pada keluarga, juga sekaligus membakar kalori apalagi saya tak menggunakan AC dan sudah bersahabat dengan hawa panas Makassar. Di sisi lain, tak bisa dipungkiri, mengurus keluarga yang beranggotakan 7 orang butuh kekuatan stamina fisik dan mental.

Tentunya hal-hal di atas harus diimbangi dengan asupan makanan yang sehat dan air putih yang cukup. Di samping itu saya juga mengonsumsi suplemen-suplemen berbahan herbal alami. Kondisi tulang yang rawan mengalami osteoporosis sudah harus pula menjadi perhatian, mengantisipasi kalau-kalau kekurangan kalsium dan vitamin D.

Tentang Suplemen Kalsium Terbaik yang Saya Konsumsi


Nah, belum lama ini saya menemukan suplemen yang berkonsentrasi pada pencegahan osteoporosis. Setelah mengonsumsinya selama beberapa hari itulah saya merasakan badan lebih segar di pagi hari. Nama suplemennya adalah Swisse Ultiboost Calcium  + Vitamin D.

Setiap tablet Swisse Ultiboost Calcium  + Vitamin D mengandung:
  • KALSIUM (dari calcium citrate hydrate 1,58 g) 333,33 mg.
  • VITAMIN D3 (cholecalciferol 8,33 mcg) 333 IU.

Dokpri.

Dalam keterangan resminya tertulis informasi alergen: tidak ada tambahan laktosa, gluten, ragi, telur, perasa buatan atau pewarna buatan. Dan bahwa produk ini cocok buat yang lagi diet vegetarian, berarti tidak ada bahan yang meragukan atau terlarang di dalamnya.

Pentingnya Mengonsumsi Suplemen Kalsium yang Ada Kandungan Vitamin D-nya


Mengapa perlu mengonsumsi suplemen kalsium yang ada vitamin D-nya?


Karena kebutuhan akan vitamin D ini mutlak bagi setiap orang. Anak-anak hingga dewasa membutuhkan asupan vitamin D sebesar 600 IU dan 800 IU per hari untuk lansia di atas usia 70.

Selain itu, fungsi vitamin D penting bagi sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh menggunakan vitamin D untuk mendukung kinerja sel T yang berfungsi sebagai garis depan pertahanan melawan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Sel T atau limfosit T adalah kelompok sel darah putih yang berperan sangat penting pada kekebalan seluler (Wikipedia).

Manfaat lain vitamin D:


1. Meningkatkan penyerapan kalsium.

Diformulasikan dengan vitamin D3 alami untuk meningkatkan penyerapan dan pengiriman kalsium ke tulang.

2. Mencegah infeksi saluran pernapasan.

Dalam sebuah tinjauan pada 2018 yang merangkum beberapa penelitian, dinyatakan bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan kepada virus influensa.

3. Mengurangi risiko kanker.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jika vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko kankert tertentu, yakni kanker payudara, usus besar, kandung kemih, dan hati.

4. Mengurangi risiko diabetes.

Semakin tinggi kadari vitamin D dalam tubuh maka semakin rendah pula risiko diabetes tipe 2. Menurut penelitian, vitamin D yang cukup semasa kanak-kanak akan membuat anak terhindar dari diabetes tipe 1.

Sumber gambar jd.id.


Manfaat Kalsium


Sementara manfaat kalsium, secara garis besar sudah kita ketahui bersama, yaitu untuk kesehatan tulang dan gigi. Secara lebih detailnya:

1. Mencegah ostoporosis dini.

Kekurangan kalsium pada anak dapat memicu hambatan pada pertumbuhan dan beragam penyakit seperti rakitis, osteomalacia (kelainan tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh), dan osteoporosis.

2. Kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium akan terus memperkuat kepadatan tulang sampai menginjak usia 20 - 25 tahun. Setelah itu kepadatan tulang menurun.

3. Mengatur kontraksi otot.

Kalsium dilepaskan ketika saraf merangsang  otot. Karena itu, protein dalam otot bisa berkontraksi. Selanjutnya, otot kembali rileks. Nah, inilah mengapa saya merasa lebih segar, pegal pada otot jauh berkurang.

4. Membantu perkembangan janin.

Manfaat kalsium bagi ibu hamil adalah untuk membantu memperkuat tulang dan gigi janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahimnya.

Mengapa Swisse?


Swisse Ultiboost Calcium + Vitamin D ini telah diformulasikan berdasarkan bukti ilmiah untuk menyediakan dua nutrisi bermanfaat dalam dosis yang nyaman. Produk ini dinyatakan aman bagi vegetarian. Berarti kandungannya dari herbal alami.

Sumber gambar jd.id.

Swisse memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun plus penelitian ilmiah dan uji klinis Swiss yang telah terdaftar di 8 negara di seluruh dunia. Di Australia dan New Zealand sendiri, brand Swisse merupakan merek nomor 1.

Selain itu, Swisse memiliki kualitas tinggi dan terpercaya secara internasional:
  • TGA Approved - standard produksi obat dari Australia.
  • FDA Approved - standard produksi farmasi USA.
  • GMP Sertified - standard umum produksi pabrik farmasi.
  • HACCP Sertified - standard produksi pabrik makanan dan susu bubuk.
Semoga saya tak mengalami kekurangan kalsium dan bisa mendampingi anak-anak tumbuh dan berkembang hingga mereka berkeluarga. 💓

Makassar, 27 Mei 2020





Share :

13 Komentar di "Pentingnya Suplemen Kalsium dan Vitamin D"

  1. Boleh dikonsumsi bumil dan busui enggak Swisse ini? Kali aja bisa bermanfaat menambah kalsium buat ibu dan bayi.

    ReplyDelete
  2. Baru denger sih produk dari Swisse ini mbak, sepertinya rekomen untuk nambah asupan vitamin D keluarga. Terutama untuk mbah dan orangtua yg emang udah beeumur. Makasih ulasan lengkapnya mbak

    ReplyDelete
  3. Kadang iya terasa juga pun udah makan baik dan olah raga orang butuh ya tambahan suplemen. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  4. jadi busui kerasa banget badan mudah capek. Khawatir kurang kalsium, nih. Ini suplemennya aman buat busui, mbak?

    ReplyDelete
  5. Baru tau nih produk swisse, banyak manfaatnya yah jadi mau coba juga

    ReplyDelete
  6. Kak mugniar, itu suplemennya sudah ada label halal nya kah? Karena memang menarik manfaat suplemennya ya.

    ReplyDelete
  7. Saya juga udah ngerasa ada yang error di badan. Butuh tambahan suplemen agar tetap sehat untuk dampingi anak2. Pas hamil itu banyak yang kita berikan untuk janin kita

    ReplyDelete
  8. Betul, ini penting banget. Jangan sampai karena di rumah aja, kita jadi kekurangan vitamin D dan Kalsium.

    ReplyDelete
  9. Peranan kalsium dalam tubuh itu cukup penting tak hanya berkaitan pada kesehatan tulang tapi juga gigi. Mengkonsumsi suplemen kalsium cukup membantu dalam menjaga pemenuhan kebutuhannya ya..dan akan lebih baik di imbangi juga dengan makanan bernutrisi, seperti minyak ikan, telur, dan sereal

    ReplyDelete
  10. sadar selama ini saya ga pernah konsumsi suplemen vitamin D, keseringan vitamin C aja. wah kalau berkaca diumur yg sekarang, berrti kepadatan tulang udah mulai berkurang.... bisa nanti coba saya masukkan ke dalam list suplemen untuk Swisse ini

    ReplyDelete
  11. Memang bener banget, meski berkegiatan di dalam rumah kita harus menjaga kondisi badan agar tetep fit. Apa lagi. Apa lagi vitamin D dan C memang penting banget buat tubuh.

    ReplyDelete
  12. Paling terasa kak Niar...karena perempuan hamil dan menyusui, yang kata para dokter, pasti kasiumnya tekor kalau gak di boost menggunakan multivitamin.
    Senangnya ada Ultiboost Vitamin D dan Calcium Swisse.

    Sehat dan tulang kuat selalu yaa, kak Niar.
    In syaa Allah.

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah coba produk swiss ini bun, harusnya wajib banget di rumah menyediakan suplemen kalsium dan vitamin dan swiss ini bagus dan pas ya bund

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^