Voucher Listrik Murah dan Beragam Keuntungannya

Perkembangan teknologi telah mengakomodir banyak hal. Saat ini menikmati listrik pun menjadi lebih mudah karena sudah ada listrik prabayar atau yang disebut juga dengan token listrik. Kami sekeluarga, belum menggunakan hanya mempertimbangkan, kalau-kalau suatu saat lebih butuh menggunakan token listrik. Untuk penggunaan listrik tersebut, kita harus membayarnya lebih dahulu di muka dengan cara membeli voucherVoucher listrik murah saat ini sudah bisa dibeli di berbagai tempat termasuk di toko online. Besar voucher yang kita beli tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga voucher untuk listrik prabayar sendiri berkisar antara 20.000 hingga 2 juta rupiah.



Terdapat beberapa keuntungan dan kekurangan dari penggunaan token listrik. Keuntungan pertama adalah praktis. Hal tersebut disebabkan kita tidak perlu repot-repot lagi untuk membayar listrik setelah penggunaan karena telah membayarnya di awal pemakaian. Maka dari itu, kita harus tahu terlebih dahulu berapa kebutuhan listrik yang diperlukan agar bisa menggunakan listrik tersebut untuk dalam jangka waktu 1 bulan.

Kedua adalah pemakaian listrik yang lebih terkendali. Hal ini karena kita akan menggunakan listrik yang besarnya sudah ditentukan di awal penggunaan sehingga mau tidak mau kita harus bisa menggunakan listrik tersebut sesuai dengan besar listrik yang sudah dibeli. Jika sebelum masa penggunaan habis misalnya di pertengahan bulan maka mau tidak mau kita harus membeli voucher listrik kembali agar bisa menggunakan listrik kembali semisal untuk mengerjakan tugas dengan komputer. Terbayangkan, kan bagaimana kalau listri mati tiba-tiba di tengah malam sementara kita harus menyelesaikan dead line?

Saudari ipar saya yang tinggal di Papua pernah tiba-tiba padam listriknya menjelang tengah malam. Dia menghubungi kakaknya – suami saya untuk dibelikan voucher listrik online. Bayangkan kalau masih seperti zaman dulu keadaannya, tunggu jam kantor buka baru bisa beli voucher J Benar-benar praktis dan mudah tetapi memang kita perlu melatih mengendalikan dan mengontrol diri untuk memakai sesuai dengan yang dibeli di awal sehingga tidak perlu lagi kehabisan tiba-tiba.

Ketiga adalah tidak adanya denda keterlambatan. Jika kita menggunakan listrik pasca bayar, maka mau tidak mau kita harus bayar listrik tepat pada waktunya untuk menghindari denda yang dibebankan oleh PLN. Denda tersebut bisa berupa uang dan jika sudah terlambat sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan, misalnya hingga 2 bulan, bisa dilakukan pemutusan aliran listrik. Sedangkan jika kita menggunakan voucher listrik murah misalnya voucher seharga Rp. 50.000, kita hanya akan menggunakan listrik dengan daya yang harganya sebesar Rp. 50.000 ribu tersebut dan tidak perlu membayar penggunaan listrik kecuali jika daya listrik yang sesuai dengan besar voucher yang dibeli sehingga anda tidak perlu takut jika dikenai denda keterlambatan.


Keempat adalah, pembelian bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi dan kebutuhan masing-masing orang. Harga voucher bisa berkisar antara 20.000 hingga 2 juta rupiah dengan besar daya atau kWh yang berbeda untuk masing-masing voucher yang dipergunakan. Karena hal tersebut, kita bisa menyesuaikan berapa besar voucher yang ingin dibeli, sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan lainnya dari penggunaan listrik prabayar adalah:
  • Tidak adanya batas masa aktif. Hampir sama seperti pulsa pada umumnya, daya listrik tetap bisa digunakan hingga kapanpun tanpa ada batas masa aktif dengan catatan selama daya listrik, kWh, masih tersisa dan bisa dipergunakan.
  • Privasi tidak terganggu.
  • Tidak adanya biaya beban per bulan yang biasanya ditanggungkan untuk pengguna listrik pasca bayar.

Namun, penggunaan voucher listrik murah juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan dan yang paling utama adalah listrik bisa mati sewaktu-waktu. Seperti pada kisah saudari ipar saya tadi. Jika tak ingin hal ini terjadi maka kita harus bisa menggunakan listrik sehemat mungkin atau mampu mengukur pemakaian per harinya sehingga tidak tiba-tiba habis pada saat krusial. Ini perlu diwaspadai karena kebutuhan listrik setiap harinya kadang-kadang mengalami perubahan sehingga penggunaan listrik melonjak dan listrik bisa mati sewaktu-waktu.


Makassar, 3 November 2017


Share :

1 Komentar di "Voucher Listrik Murah dan Beragam Keuntungannya"

  1. Yang saya rasakan pake listrik prabayar memang lebih murah ya mba, sipp trims informasinya mba sangat bermanfaat

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^