Ritech Expo: dari Brownies Sagu Hingga 360 Derajat Gyro Extreme

Ini masih cerita eksplorasi hari pertama saya ke Ritech Expo (pada tanggal 11 Agustus lalu). Usai dari booth Balitbang Perindustrian, Balitbang Kesehatan, dan Badan Informasi Geospasial, saya menjelajahi booth-booth lainnya lagi. Oya baca dua tulisan sebelumnya ya: Ritech Expo: dari Sepatu Kulit Ikan Kakap Hingga Buku Maskulin Dendong dan Geospasial: Eksplorasi Singkat di Ritech Expo.


Pada booth Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi, dan Lembaga Penunjang Lainnya saya diajak mencicipi kue brownies sagu. Di situ ada “beras analog” (jika ingin tahu apa itu “beras analog”, saya pernah menuliskannya di tulisan berjudul Belajar Tentang Gula Darah dan Nasi Analog di Blog Ardiba). Juga ada Pindang Patin Kaleng dan aneka jenis herbal yang dijadikan minuman dan makanan.



Brownies sagu



Pindah ke booth UPP Iptekin Bappeda Provinsi Jawa Tengah, saya menemukan hal baru: Kopi Biji Salak dengan brand Kiebae, buatan Arkan Food, Wonosobo. Terbuat dari biji salak tapi rasanya serupa kopi. Bukan hanya terbuat dari biji salak pilihan, keunggulan lainnya (menurut brosur yang saya baca) adalah tidak mengandung kafein, tidak membuat perut perih sehingga aman untuk lambung, dan juga aman untuk jantung. Zat yang terkandung di dalamnya adalah polifenol yang mampu berperan sebagai antioksidan. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan browsing di www.kiebae.id.

UPP IPTEKIN BAPPEDA Jawa Tengah


Yang seru di gerai Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan adalah produk-produk dari tumbuhan gaharu. Biasanya yang saya tahu gaharu itu kayunya untuk dijadikan bahan bangunan, ternyata daunnya bisa dijadikan minuman yang menyehatkan.

Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan
Konon, karena fungsinya banyak, seperti melancarkan peredaran darah, menambah energi, mencegah penuaan dini, membantu mencegah penggumpalan darah, dan membantu meringankan penyakit astma. Selain minuman dari daunnya saja, ada pula yang mencampurnya dengan teh dan ada yang mencampurnya dengan kopi. Bahkan ada juga yang dijadikan sabun. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat-lihat di www.makinjayaagung.co.id.  

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual

Pada gerai Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, saya tidak bisa memperoleh satu pun brosur. Kelihatannya di sini tempat bagi mereka yang sudah tahu tentang direktorat ini dan ingin tanya-tanya tentang bagaimana mempatenkan kekayaan intelektual secara langsung. Ada 4 buah buku mengenai kekayaan intelektual namun sayangnya keempat buku tersebut tidak dibagi-bagi seara gratis. Keempat buku tersebut adalah:
  • Pengenalan Kekayaan Dasar Desain Industri.
  • Pengenalan Kekayaan Dasar Indikasi Geografis.
  • Pengenalan Kekayaan Dasar Hak Cipta.
  • Pengenalan Kekayaan Dasar Merek.


Karena penasaran dengan istilah “indikasi geografis”, saya mencari tahu pada buku terkait. Ternyata pengertian INDIKASI GEOGRAFIS (IG) adalah:
Suatu tanda yang digunakan pada barang-barang yang memiliki kualitas, reputasi, dan ciri-ciri yang disebabkan tempatnya berasal. Paling umum, IG termasuk nama tempat asal barang. Misalnya hasil pertanian biasanya memiliki kualitas yang berasal dari tempat diproduksinya barang tersebut dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lokal tertentu, seperti iklim dan tanah. Konsep IG ini sekarang diakui oleh WTO (World Trade Organization).
Untuk mengetahuinya secara lebih detail, silakan searching di www.dgip.go.id.

Pusat Peragaan Iptek (PP Iptek) adalah gerai yang paling ramai dikunjungi anak-anak saat itu karena adanya alat-alat peraga IPTEK di situ. Pada setiap alat peraga ada keterangannya masing-masing bagaimana alat tersebut bekerja. Ada Energi Ombak, Tornado Air, Halilintar, Sel Surya, dan Gyro Extreme (Aerotrim).

"Tornado Air" di booth PP IPTEK
Simulasi energi ombak
Anak-anak yang lebih besar badannya dan orang dewasa, bergantian mencoba Gyro Extreme. Menantang sekali rasanya diputar sampai 360 derajat di alat itu. Gyro Extreme digunakan antara lain untuk mempersiapkan astronot dalam kondisi tanpa bobot dan untuk penyembuhan sakit tulang belakang.

Gyro Extreme, memutar 360 derajat. Berani?
Pada banner besar yang terletak di dekat alat ini, saya membaca keterangan sebagai berikut:
Mesin ini bekerja dengan posisi tubuh dalam ruang relatif terhadap tarikan gravitasi dan resistensinya dan kemudian memindahkannya pada kelompok otot. Resistensi pada kelompok otot berubah karena tarikan gravitasi. Semakin cepat memindahkan massa tubuh yang dimiliki untuk bergerak dan semakin besar pula jumlah energi yang dibakar.

Makassar, 23 Agustus 2017


Bersambung ke cerita tentang Ritech Expo yang lain


Share :

8 Komentar di "Ritech Expo: dari Brownies Sagu Hingga 360 Derajat Gyro Extreme"

  1. Acara yang sangat edukatif, banyak pengetahuan baru yang selama ini tidak diketahui. TFS, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, menarik sekali pamerannya. Terima kasih ya sudah mampir

      Delete
  2. Kayanya kalo Ipeh naik Gyro Extreme bisa-bisa pas turun gak bisa berdiri tegak :D Udah puyeng duluan, hehehehe. Kaya orang mabok perjalanan gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak berani coba Ipeh hahaha. Tapi sulung saya mencobanya. Kata dia tidak begitu pusing. Hanya sedikit. Dan tidak ada perasaan mau muntah. WAktu selesai berputar, dia bisa cepat jalan kembali. Mungkin lain kalo saya, kali ya hahaha.

      Delete
  3. Kudu sering2 deh kayaknya deh mbk expo2 kayak gini, nmbh pengetahuan bangeeett,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, makanya saya bela-belain datang, Mbak Inda.

      Delete
  4. Mba, aku penasaran sumpah ama kopi biji salaknya :D.. Beneran kayak kopi ya rasanya.. Ini temen2 di kantor pada pecinta kopi semua, dan seneng nyobain kopi2 dari semua tempat :D

    ReplyDelete
  5. Kebayang gimana serunya ini event. Asyik sekali pasti kalau ajak anak-anak. Sayangnya balikma' lagi ke Lombok. Hiks.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^