7 Keistimewaan Masakini Food and Gallery

Masakini Food and Gallery nama bangunan itu. Sudah sering saya lewat di depannya dan mengagumi bangunannya namun baru pada saat itu saya masuk di dalamnya. Pada tanggal 13 Mei lalu, saya bersama kawan-kawan Kelas MAM (Makkunraina Anging Mammiri) datang ke sana untuk sebuah acara. Kelas MAM adalah kelas belajar khusus blogger perempuan yang tergabung dalam komunitas blogger Anging Mammiri.

Saat baru melangkahkan kaki ke pekarangan restoran yang terletak di jalan Pengayoman nomor 34 itu, saya sudah merasakan suasana yang berbeda dengan tempat lain. Perbedaannya apa, tak bisa saya gambarkan dengan kata-kata Yang jelas, “rasa berbeda” itu yang kemudian menarik saya lebih kuat untuk masuk ke dalam bangunan berlantai tiga itu.


Tak jauh dari pintu masuk terlihat tangga menuju lantai atas. Tepat sebelum tangga, ada sebentuk kerajinan unik semacam patung “selamat datang”-nya Masakini Foodand Gallery. Seorang perempuan berjilbab menyambut saya dengan ramah. Dia memperkenalkan dirinya dan menyalami saya. Sayangnya suaranya terdengar lirih di telinga saya. Perempuan muda itu, seperti juga beberapa orang lainnya di ruangan besar itu, mengenakan pakaian seragam pegawai restoran berwarna hitam. Terlihat di tengah ruangan kawan-kawan blogger duduk mengelilingi 3 meja yang disatukan. Saya pun mengambil tempat di antara teman-teman.

Foto dibidik dari lantai 2. Perhatikan lantainya yang terlihat keren.
Sumber foto: Alfu Laila (www.alfulaila.com)
Melihat-lihat menu dulu. Sumber foto: Zilqiah Angraini
(www.qiahladkiya.com)

Ruangan besar itu terasa luas karena plafonnya yang tinggi. Malah plafon pada sebagian ruangan mengikut plafon lantai dua bangunan itu. Maksud saya, lantai duanya tak sepenuh lantai satu luasnya. Dari tempat kami duduk, terlihat pagar pembatas bagian restoran di lantai dua kalau kami mendongakkan kepala.

Kenyamanan berada di dalam Masakini Food and Gallery makin terasa menjerat hati untuk berlama-lama berada di sana. Untuk Anda yang membaca tulisan ini, saya bisa menjelaskannya melalui 7 keistimewaan yang dimiliki restoran tersebut sebagai berikut:

1. Dekorasi interior dan eksteriornya unik.

Motif 3 sofa di lantai 2 Masakini Food and Gallery. Unik, ya 😊

Kursi, sofa, dan mejanya berbeda-beda. Total ada sekira 50 meja tersebar dari lantai satu hingga lantai dua. Di antara semua perabot itu, hanya ada beberapa yang sama satu sama lainnya. Makanya saat melemparkan pandangan ke sekeliling, mata terasa fresh. Di lantai dua, saya tertarik dengan 3 sofa bersandaran tinggi yang unik. Sofanya tidak terlalu besar tetapi tidak kecil. Kira-kira bisa diduduki oleh dua orang. Motif pada jok sofanya terlihat ramai tapi enak dilihat karena bergambar skuter aneka macam dan aneka gambar lainnya yang disusun sedemikian rupa. Istilahnya, restoran ini – bangunan dan dekorasinya bergaya industrial berpadu dengan tradisional. Bukan hanya ada unsur Eropanya, namun ada juga unsur tradisional Indonesia.

Wastafel unik di lantai 2

Bahkan lantainya punya cerita unik. Merupakan buatan tangan yang butuh waktu 6 bulan pemesanannya. Lihat saja ketika difoto dari lantai atas oleh Alfu, lantainya terlihat indah. Pasangan suami-istri Jarle Svindall yang asli Norwegia dan drh. Ryni Rauf Svindall yang asli Bugis memang menerapkan impian mereka dalam konsep bangunan yang bersifat eastern dan western.


2. Banyak spot fotografi keren.


Dampak positif pengaturan dekorasi yang tidak main-main adalah banyaknya spot berfoto yang keren di Masakini Food and Gallery. Kabarnya, gedung resto ini sudah sering dijadikan tempat berfoto pre wedding. Coba lihat sebagian kecil spot yang saya abadikan di video di atas. Saya yakin Anda akan setuju dengan saya.



Daftar menu. Sumber video adalah gambar-gambar di laman Facebook 
Masakini Food and Gallery

3. Makanan enak tanpa MSG.

Nah, ini yang paling penting. Saat di sana, saya makan Steak Tuna dan minum Hot Taro Pandan. Rasanya? Hm ... saya suka, saya suka! Steak Tunanya dibaluri sambal tumis yang skala pedasnya tidak telalu. Pas-lah buat jadi bumbu yang menyertai lauk. Namun sayang, kurang banyak buat saya sampai-sampai saya meminta sedikit sambal tumis dari Nanie 😆.

Sumber: akun Instagram @masakinimakassar

Memang, Masakini Food and Gallery menyajikan makanan dan minuman yang sebagian merupakan campuran cita rasa barat dan timur. Teman-teman yang memesan Masakini Burger dan Chilli Cheese Hotdog mendapatkan dua macam sambal: yang berbahan dasar mayonais dan sambal tumis.

Selain itu, Riny dan suaminya yang hobi masak juga mengkreasikan makanan yang sudah kita kenal. Ini menjadikan Masakini Food and Gallery berbeda dengan restoran lainnya. Misalnya saja ada menu Nasi Goreng Satay Kemangi. Nasi gorengnya disertai sambal tumis, kecap, sate ayam lilit, dan kerupuk pangsit. Unik! Nanie memesanan nasi goreng ini. Saya mencoba mencicipi nasi gorengnya. Sebagai penggila nasi goreng yang sudah pensiun (karena sekarang saya beralih ke makanan ikan-ikanan), saya mencicipi sedikit nasi goreng Nanie saking penasarannya. Hanya sedikit, sesendok teh. Dan, yah ... saya mengakui rasanya enak dan khas. Rasanya berbeda dari nasi goreng yang dulu biasa saya makan.

Makanan yang banyak diminati tamu restoran adalah pizza dan nasi campur. Pizzanya ada 4 macam: Margaritha, Chicken Tandoor, Italian Connection, dan Rendang. Pizza rasa rendang? Iya! Unik, kan? Sementara nasi campur yang dimaksud, di Masakini Food and Gallery namanya Rijstaffel. Rijstaffel ini terdiri atas nasi putih, ayam pelalah, rendang, urap, sate lilit, terlur rebus, dan kerupuk.

Masakini Burger. Sumber foto: laman Facebook Masakinimakassar



Keistimewaan lainnya dari restoran ini adalah semua masakannya tidak menggunakan MSG sebagai penyedap rasa. Masakini Food and Gallery berkomitmen untuk menyediakan makanan sehat bagi pengunjungnya. Tanpa MSG pun, masakannya bisa tetap lezat. Ini sebuah keistimewaan tersendiri di saat restoran tanpa MSG di masa kini sulit dicari.


Masakini Ice Cream
Pineaple Breeze


4. Ada pojok bermain.

Anak Anda akan senang bermain di sini (letaknya di bawah tangga)
Pojok game untuk orang dewasa, di depan pintu galeri.
Sumber foto: laman Facebook Masakini Food and Gallery

Bagi tamu yang membawa anak balita, jangan khawatir. Anak Anda tak akan bosan selama berada di Masakini Food and Gallery. Di sana ada area yang memang disiapkan khusus agar anak-anak bisa bermain. Letaknya di bawah tangga. Ada aneka permainan yang bisa dibongkar. Anak-anak dari kawan-kawan saya tempo hari menikmati bermain di sana. Saat makan pun nyaman, ada kursi buat anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun. Anak Anda bisa duduk tenang selama duduk di kursi khususnya. Selain itu ada permainan yang bisa dimainkan oleh orang dewasa juga, letaknya tepat di depan pintu galeri.

5. Ada galeri barang kerajinan.

Ada galeri yang memajang aneka barang kerajinan yang bisa dibeli. Paduan kreativitas yang komplit. Kreativitas penataan gedung, makanan, dan barang kerajinan tersedia di dalam Masakini Food and Gallery. Hal ini menjadi pembeda Masakini Food and Gallery dari restoran dan kafe mana pun di Makassar.

6. Harga untuk komunitas yang bisa dinegosiasikan.
Promo saat ini: voucher Rp. 50.000 untuk pembelian Rp. 200.000. Eh, yang ini
berlaku untuk perorangan (bukan promo komunitas). Sumber foto:
laman Facebook Masakini Food and Gallery.

Karena perusahaan lokal yang bahan-bahannya sebagian besar berasal dari lokal, Riny dan suaminya bisa membantu komunitas yang ingin berkegiatan di Masakini Food and Gallery dalam hal harga. Untuk minimal 20 orang dengan budget masing-masing minimal Rp. 50.000, Masakini Food and Gallery sudah bisa menyajikan hidangan lezat bagi Anda. Tentunya, Anda harus bernegosiasi terlebih dulu dengan pemilik restoran mengenai win-win solution-nya.

7. Tersedia ruang meeting dan kemungkinan acara eksklusif.

Bersama teman-teman Kelas MAM Blogger AM. Sumber-
foto: Awie (www.fillyawie.com)

Masakini Food and Gallery memiliki ruang meeting di lantai 3 untuk kapasitas 20 – 25 orang. Fasilitas yang disediakan adalah layar dan sound system. LCD sementara diusahakan oleh pemilik. Untuk acara eksklusif yang menampung hingga 200 orang, bisa disediakan tempat di lantai 2. Saya melihat sendiri lantai dua gedung ini. Luas juga. Selain di dalam ruangan, lantai duanya juga memiliki balkon. Pasti nyaman berpesta eksklusif di sana.

Ruang meeting Masakini Food and Gallery. Foto: Inar (www.winslicious.com)

***

Nah, ketujuh keistimewaan yang saya paparkan di atas sudah cukup menjelaskan keunikan dari Masakini Food and Gallery sekaligus kenyamanannya untuk menjadi pilihan tempat berkumpul dengan keluarga dan sahabat yang asyik. Oya, buat Anda yang memiliki konsep pernikahan unik, yang mana kedua mempelai bebas berjalan-jalan mendatangi dan menemani para tamu ngobrol – tidak monoton duduk di pelaminannya, restoran ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Riny dan suaminya akan senang sekali mendapatkan order pesta pernikahan dan bersedia menutup restorannya dari tamu umum untuk hari istimewa Anda.

Makassar, 18 Mei 2017

Masakini Food and Gallery
Jl. Pengayoman No. 34 Makassar
Telepon:
081355386870
0411-8911470
Facebook: Masakinimakassar
IG: @masakinimakassar


Share :

23 Komentar di "7 Keistimewaan Masakini Food and Gallery"

  1. Boleh tuh kapan² dicoba In syaa Allah..

    BalasHapus
  2. Memang tempatnya istimewa ya Ka Niar. Enak buat nongkrong2 atau meeting ya. Pengenka lagi nongkrong di sini 😂😂.
    Gudluk Kaka 💐🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya asyik ya, bikin betah duduk lama-lama hehe.

      Hapus
  3. ke Masakini food gallery saya gak bisa berhenti foto dan foto hahahaha terus2 mau foto dan makanannya top kesukaan saya steak dan rasanya enakkk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang enak, kita-kita yang ad di dekat Qiah, bisa ikut difoto hehehe.

      Hapus
  4. wah, enak ya resto kya gitu. di Bengkulu juga ada sih,, resto skarang banyak ngedesain ruangan nya terutama untuk selfi, dan ini membuat para pengunjung nyaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, pas buat yang suka selfie :))

      Hapus
  5. hbs mkn anakku lgs foto2 dkt t4 tidur antiq,baguss

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah itu juga jadi sasaran teman-temanku hehehe.

      Hapus
  6. Saya suka poin ke 3. Makanan enak tanpa MSG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu poin paling penting dari makanan. Tidak banyak yang berani mengklaim tanpa MSG.

      Hapus
  7. tanpa msg dan ada pojok bermain, penting banget ya buat yg bawa anak

    BalasHapus
  8. Tanpa MSG ini yang membuat saya salut. Saya suka dengan masakan tanpa SMG.
    Mejanya sampai 50 an, banyak juga ya, berarti banyak pilihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan sehat ya Mas Djangkaru.
      Iya, menampung banyak orang namun lapang ...

      Hapus
  9. Kapan-kapan bikin kelas MAM di sini yuk..pasti semangat ki terima ilmu 🙈

    BalasHapus
  10. enakan yang banyk smg nya

    BalasHapus
  11. Sering lewat sini tapi belum pernah mampir. Interiornya keren ya kak. Menunya juga keliatannya enaaaak. Dan kerennya lagi krn tanpa MSG. Thanks for sharing kak Niar. Masakini wajib dicoba nih!

    BalasHapus
  12. Jadi mupeng ke resto ini, mba Niar. Interiornya kece ya, masakannya juga terlihat yummy, duuuhhhh jadi ngiler mba, hahahaaa

    BalasHapus
  13. Banyaknyami tempat makan di Makassar di'. Bagus tawwa ada tempat mainnya, bisalah bawa Rani kalau ke sana :)

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^