Pilgub DKI 2017 untuk Orang Luar Jakarta, Mengapa Dibahas?

Di zaman ini, sudah sangat lazim terjadi, peristiwa apa saja bisa tersebar dengan cepat. Jangankan yang terjadi di satu kota yang bisa langsung menyebar ke seantero kota itu. Bahkan yang terjadi di suatu benua pun, bisa dengan cepat tersebar ke benua lain.

Seperti tadi pagi, saya menyimak berita mengenai Denny Indrayana, wakil menteri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang menjabat pada periode lalu, dikabarkan menjadi sopir di Australia. Wow, ada-ada saja, ya para netizen ini 😊. Denny sampai perlu mengklarifikasi, sopir seperti apa yang dimaksud dalam kabar yang menjadi viral mengenai dirinya itu.


Riuhnya “pemberitaan” di televisi dan dunia maya juga membuat banyak hal yang terjadi di ibu kota negara seolah dekat dengan kehidupan di daerah-daerah lain. Di rumah kami, sewaktu Debat Kandidat disiarkan langsung, orang rumah juga menjadikannya tontonan. 😅, saya sempat ikut nonton juga, lah ya, sekadar mau lihat visi dan misi para calon. Sesekali nonton yang beginian asyik juga. Tapi debat itu tak selesai saya ikuti. Hendak mengubah, tidak enak dengan Ayah yang asyik nonton. Jadinya saya masuk kamar dan mengerjakan hal lain.

Begitu memikatnya pilgub DKI 2017, sampai ada orang-orang di luar Jakarta yang rela berdebat demi calon pujaannya. Tak habis rasa heran saya kalau ada warga luar Jakarta yang sampai terlalu sinis mengomentari atau terlibat perdebatan opini yang mendalam mengenai hal-hal seputar bursa pemilihan gubernur ibu kota negara itu.

Sampai-sampai ada guyonan yang mengatakan, nanti di Lapangan Karebosi (salah satu ikon kota ini) akan didirikan satu TPS pada saat pilgub DKI 2017 diselenggarakan. Khusus bagi mereka yang terlalu “sibuk” dengan pesta demokrasi di ibu kota negara itu. Orang-orang yang terlalu sibuk itu ...  “Apa hubungannya ya, pilgub Jakarta dengan kemaslahatan daerahnya? Apa hubungannya, ya dengan dirinya?” begitu pertanyaan yang muncul di benak saya.

Ah, yayaya, saya baru ngeh .... barangkali saja orang-orang itu sedang melihat jauh ke depan, ya? Bahwa ketiga pasang calon gubernur yang sedang bertarung di sana itu kelak akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini? Makanya mulai sekarang mereka sudah memilih calon yang mana yang mereka inginkan menjadi gubernur Jakarta? Yang jadi gubernur nanti bisa saja menjadi presiden walau masa jabatannya belum selesai. Mungkin saja, kan?

Baiklah, kalau untuk alasan itu ... hm, masuk akal juga. Di sela-sela kesibukan, bolehlah sesekali memerhatikan calon pemimpin bangsa. Kalau mau cepat update, internet menjadi pilihan tepat. Ambillah referensi sebanyak-banyaknya dan tarik kesimpulan dengan pikiran jernih. Salah satu link yang bisa disimak adalah: pilgub DKI 2017 Sindonews.

3 pasangan calon gubernur DKI 2017. Sumber foto: metro.sindonews.com

Saat membuka website Sindonews itu, saya melihat isinya diupayakan selalu update. Hingga saat tulisan ini saya buat, untuk tanggal 25 sudah ada 3 artikel. Tanggal 24 kemarin, ada 7 artikel, dan tanggal 23 ada 8 artikel yang di-upload redaksi media online ini. Beberapa yang menarik adalah Hasil Survei Tak Efektif Ubah Pendirian Pemilih, KPU DKI Ingatkan Netralitas Media Dalam Pemberitaan Pasangan Cagub, dan Tina Talisa dan Eko Prasojo Pandu Debat Publik Kedua.

Err, sebenarnya saya ingin memilih satu artikel untuk satu pasangan calon tapi tidak jadi, deh. Salah memilih bisa kelihatan bias nanti 😆. Padahal apalah saya, ini, yah. Baru mengkritik orang yang terlalu baper soal pilgub Jakarta, bisa-bisa malah menuliskan hal yang bisa menjerumuskan orang kepada ke-baperan yang makin parah.

Namun, sekali lagi, sebaiknya ambil referensi sebanyak-banyaknya. Jangan cepat terpengaruh dengan segala sesuatu yang bersifat provokatif. Perhatikan juga media mana yang terlalu berat sebelah (terlalu memihak kepada salah satu pasangan calon) sehingga bisa mencari media lain yang juga terlalu memihak dua pasangan calon yang lainnya. Biar informasi yang didapatkan berimbang, toh? Tidak luculah orang dewasa berdebat tanpa dasar dan alasan yang kuat!

Well, bagaimana pun, kita baiknya sama-sama berharap yang terbaik untuk negara ini, juga untuk ibu kota negara kita. Semoga pilgub DKI 2017 ini berlangsung dengan damai dan tertib.


Makassar, 25 Januari 2017


Share :

8 Komentar di "Pilgub DKI 2017 untuk Orang Luar Jakarta, Mengapa Dibahas?"

  1. auww kurang tajam ki kak
    saya kira bakal ada kritikan keras buat orang-orang yang kayak "mau mati" untuk pilkada DKI padahal KTP-nya bukan DKI hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awii .. bukan bagianku yang "tajan-tajam" untuk urusan politik, Daeng. Saya ini siapalahhh ... kita' mo yang pertajam ki :)))

      Delete
  2. Saya masih berstatus warga DKI tp udah gak bisa memilih pilgub ini hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk ... tapi ada mi KTP sininya toh, utk pemilihan gubernur nanti? :D

      Delete
  3. Kadang aneh juga, orang jakarta adem justru orang luar yang ribut dan suka berdemo. Dan aku pernah membuat artikel yang isinya juga tentang pilgub Jakarta. Demo yang konon membela ini dan itu ,kini semakin jelas tujuannya. Hanya satu, agar yang sono kalah dan terkalahkan.
    Ya, begitulah ,politik dibalut dengan isu agama terasa lebih bisa memikat masa.
    Giliran yang kena kasus pakai bansos, atau kesandung masalah masjid, konon katanya. Tapi kok ya tidak ada yang demo, itulah politik, serba dagelan dan sandiwara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ada juga yang perlu dipisahkan, Mas Djangkaru. Ada juga yang berdemo bukan hal pilgub atau politik karena hal esensial. Yah, pendapat orang berbeda2. Nah, kalo ributnya soal seputar pilgub, itu yang aneh

      Delete
  4. Hai mba Niar, skarang jaid bahan omongan karena medsos menginformasikan apa saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak Lida. Apa saja, tinggal pintar2nya kita memilah mana yang benar dan mana yang hoax :D

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^