Catatan yang Tercecer dari Amazing Muslimah – Hug and Give (2)


Sesi yang paling ditunggu-tunggu adalah sesinya Peggy Melati Sukma. Penginisiasi gerakan Amazing Muslimah ini berhasil mengembangkan gerakan ini sampai ke 20 kota di 5 negara (Indonesia, Singapura, Hongkong, Amerika Serikat, dan Kanada). Insya Allah akan menyusul 5 negara lainnya (Bahrain, Kuwait, Belgia, Belanda, dan Perancis).

Peggy melati Sukma

Ada beberapa poin catatana saya, dari hal-hal yang diungkapkan Peggy dengan begitu runut dan filosofis:
  • Sengajakan niat agar pertolongan datang saat implementasi karena setan datang saat implementasi.
  • Allah menempatkan kita pada tempat jihad masing-masing. Jangan merasa lebih shalih daripada yang lain. Orang-orang lain ditempatkan di tempat mereka.
  • Siapa kita? Abdillah! Apapun pilihan hidup kita, kita adalah abdillah. Mau itu dosen, pengusaha, ibu rumah tangga. Jadilah Abdillah.
  • Dari mana kita? Allah! Jadi, jangan coba-coba bergerak tanpa aturan Allah. Jangan sombong, belajar terus. Begitu hikmah datang, segera lakukan. Jangan sombong sama Allah.
  • Kenapa kita dilahirkan? Untuk beribadah kepada Allah!
  • Apa tugas kita? Jadi khalifah!
  • Ke mana kita akan pulang? Kepada Allah!
  • Dunia bukan tempat bersenang-senang. Dunia tempatnya ujian!
  • Beribadah dalam skala kecil contohnya, setelah menghadiri suatu acara, kalau ada sampah .. bawa pulang!

Kesibukan di stand IIDN Makassar
Pada sesi pertanyaan, banyak yang tunjuk tangan tapi hanya 3 orang yang dipilih. Alhamdulillah saya kebagian jatah bertanya – giliran pertama. Saya menanyakan mengenai proses hidayah yang diterima oleh Peggy. Saya tahu saat Peggy “ngartis” dulu, bagaimana pakaiannya makin lama makin jauh dari tuntunan Islam. Semua pertanyaan kemudian  dijawab oleh Peggy, dengan membagikan kisah hidupnya.

Sejak dulu Peggy adalah orang yang senang belajar dan sibuk sekali. Ia disiplin, pantang menyerah, berkomitmen, dan ulet. Ia mengerjakan banyak sekali pekerjaan keartisan, mulai sebagai aktris, model, peragawati, produser, sutradara. Selain itu ia juga kuliah S1 dan S2, lulus dengan IPK 3,8, mendirikan 5 perusahaan dalam berbagai bidang, dan mendirikan 3 yayasan. Ia tak pernah bersantai, tak pernah berlibur juga tak pernah jet lag. Hari-harinya penuh kesibukan. Dalam mobil pun ia senantiasa membaca dan mengerjakan sesuatu dengan komputernya. Dalam menetapkan planning, bukan sekadar planning A dan B, melainkan planning A, B, C, D, E, F, G.

Lama kelamaan kehidupan duniawinya menjadikan bertambah kaya, makin hura-hura, juga makin jauh dari Allah. Hingga pada suatu ketika ia dihantam dengan ujian dari berbagai sisi dalam kehidupannya. Di situlah titik baliknya, ia kembali kepada Allah.

Hadiah bertanya
Kini, segala kesibukan yang dijalaninya dulu dijalankannya dalam jalan Allah, untuk agama Allah. Dalam setiap keadaan, rumusnya adalah “hamba Allah”. Ia menge-set mind set: kenapa kita dilahirkan? Untuk beribadah kepada Allah. Setiap desah nafas, adalah ibadah. Peggy ingin terus-menerus berjuang, dengan melakukan apa yang Allah suka. Ia meninggalkan apa yang tak Allah sukai. Sudah 2 tahun ini ia tak nonton televisi. Ia juga mencoba menghafal 1 ayat dalam satu hari.

Salah satu yang Peggy perjuangkan adalah gerakan Amazing Muslimah, bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Rencananya 10 ribu orang akan dibebaskan dari ketidakmampuannya membaca al-Qur’an dengan mengadakan pelatihan baca al-Qur’an gratis dengan metode cepat.

Metode cepat itu ada yang 4 kali pertemuan saja, ada yang 3 hari, ada yang 1 hari. Sejak Agustus tahun lalu hingga sekarang sudah ada 2.000 orang yang mengikuti pelatihan baca al-Qur’an.

Setelah memukau kami semua dengan uraian-uraiannya yang inspiratif dan bernas, Peggy menggerakkah hadirin untuk bersedekah dengan mengadakan lelang baju dan jilbab. Alhamdulillah banyak yang antusias. Di penghujung sesinya, Peggy menyanyikan single terbarunya berjudul TAUBAT.

TAUBAT ... Sungguh lagu yang amat menyentuh ...

Tak disangka, saya mendapatkan bingkisan dari panitia, sebagai penanya yang terpilih. Alhamdulillah. Isinya dua buah hand and body lotion, dompet, dan kaus kaki, dari sponsor. Kebetulan sekali, itu  barang-barang yang sedang saya butuhkan. Terima kasih panitia, terima kasih sponsor (maaf, saya lupa mencatat nama sponsornya. Saya menyimpan kertas pembungkusnya tetapi ketika hendak menuliskan ini, saya kehilangan kertas pembungkus itu).

Pada sesi sedekah foto – foto bersama Peggy dengan sedekah Rp. 100.000 (uangnya disedekahkan untuk gerakan Amazing Muslimah) di depan back drop sambil berpelukan, sayang sekali keinginan kami berfoto komunitas tidak diperkenankan panitia. Katanya hanya bisa seorang-seorang saja yang berfoto bersama Peggy. Jadinya duit yang sudah urunan dikembalikan kepada masing-masing orang. Ya gimana, kami semua pada bawa uang pas hehehe. Untungnya pada akhirnya ada di antara kami yang berhasil mencegat Peggy di luar ruangan untuk foto bersama. Yah sudahlah, itu sudah cukup menghibur teman-teman. Dan serangkaian tambahan wawasan dan inspirasi hari itu juga sudah manfaat yang amat besar bagi kami. Terima kasih panitia, kami bisa berpartisipasi dalam acara inspiratif ini.


Makassar, 15 Maret 2015


Share :

5 Komentar di "Catatan yang Tercecer dari Amazing Muslimah – Hug and Give (2)"

  1. Ohh...ada mbak Peggy Melati Sukma juga ya sbg narasumber acara Amazing Muslimah? Semoga acara tersebut membawa byk manfaat ya bagi peserta yg hadir....

    ReplyDelete
  2. acaranya emang amazing. inspiratif...keep spirit :)

    ReplyDelete
  3. suka banget, bikin terharu, dan pengen ikut pelatihannya :)

    ReplyDelete
  4. Kisah hidup Peggy Melati Sukma inspiratif ya! Jadi malu sendiri nih, belum punya pencapaian apapun. Btw, Mak, bagi2 dong hand and body lotionnya.. *gaya saya kayak yg pake aja, hihihi*

    TFS Mak Niar... Suka deh berkunjung ke blog Mak Niar. Adem...

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mba Mugniar. Saya salah satunya yg ngefans banget sm Peggy Melatisukma. Smoga dia selalu dlm hidayahNya...amin

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^