Membaca Ceritana Baco

Program Komunitas Blogger Anging Mammiri (AM) kali ini unik sekali, namanya SIPAKATAU (saling menghargai). Yang berminat diminta mendaftar pada form yang telah dibuat. Lalu para peserta yang terdaftar akan saling me-review blog masing-masing.

Saya masuk dalam daftar peserta putaran pertama. Tugas pertama saya adalah me-review blog  Ceritana Baco (http://ceritabaco.blogspot.com/) milik Arie Purnomo. Tahu saja nih panitia dengan kesukaan saya kepada hal-hal yang menonjolkan kekhasan daerah kami. Membaca nama blog milik Arie ini, saya langsung bersemangat.

Saya kemudian menyusuri sekilas blog Ceritana Baco, mencari-cari jati diri bloggernya. Namanya saya ketahui dari pengumuman pada wall grup AM dan widget Timeline twitter yang dipasang Arie di sisi kanan blog. Namun sayangnya, saya tak mendapatkan “about me” (tentang saya)-nya blog ini.


Header blog Ceritana Baco
Saya hanya bisa menerka-nerka dari model posting-annya kalau blogger Arie ini seorang remaja yang sepertinya masih duduk di bangku SMA atau mungkin juga masih SMP, terutama setelah melihat posting-an berjudul  Soal dan pembahasan UN SMP 2013 8 Paket.

Melihat ini, timbul kekaguman saya. Saya suka sekali dengan orang-orang yang suka belajar. Konsistensi seseorang untuk ngeblog selama beberapa waktu (Arie mulai ngeblog bulan November tahun lalu), bagi saya sudah merupakan indikasi awal kalau orang tersebut memiliki keinginan untuk belajar. Karena untuk ngeblog, seseorang dituntut untuk selalu mau belajar. Terlebih lagi Arie masih remaja, seorang remaja yang punya semangat belajar, saya yakini insya Allah bisa menjadi orang sukses asalkan semangat belajarnya terus terpelihara.

Saya suka melihat posting-an Arif tentang sosok-sosok inspirator  - Syech Yusuf dan ustadz Shamsi Ali, ini merupakan satu indikasi awal lagi kalau Arie punya ketertarikan belajar dari orang-orang sukses dan terinspirasi dari mereka.

Page yang di bawah header ini perlu dirapikan lagi pengalokasiannya
Saya sempat mengintip akun twitternya - @riepurnomo dan mendapatkan kalau ternyata Arie ini adalah pemegang Bulukumba Sanitation Ambassador 2014 dan baru launching website-nya di http://www.ariepurnomo.co.vu/   ... wow ... keren ya.

Oya, kembali ke blog Ceritana Baco. Saya suka disain blognya yang simpel sehingga loading-nya cepat. Ada postingan yang ditulis sendiri, ada yang co-pas dari sumber lain. Gaya bertuturnya mengalir ringan dan lincah. Setelah sejenak mengelilingi blog ini, saya memberikan beberapa catatan untuk Arie:
  1. Tetap bersemangat belajar jangan mudah patah semangat, insya Allah kamu akan sukses.
  2. Tetap ngeblog, dan rasakan sensasinya karena ngeblog itu punya banyak keasyikan.
  3. Minimalkan copas, usahakan menulis sendiri. Tulisanmu sudah bagus, bila semakin sering menulis akan semakin bagus. Bisa jadi kelak kamu akan menjadi “hantu lomba” yang disegani banyak orang karena sering memenangkan lomba blog.
  4. Menulislah seperti sehari-harinya kamu berbicara. Jangan memakai logat Jakarta karena itu bukan kita. Kita adalah, bagaimana kita sehari-hari. Logat kita di Sulawesi Selatan juga bagus, sudah selayaknya kita – blogger Sulawesi Selatan mengangkat citra daerah kita dengan cara menuliskan hal-hal baik di sekitar kita termasuk kekhasan kita dalam bertutur. Jangan juga sepenuhnya pakai bahasa daerah karena orang daerah lain tidak bisa mengerti tapi bisa diselip-selipkan karena akan menambah kekayaan pada tulisanmu.
  5. Tambahkan data secukupnya tentang jati dirimu di blog.
  6. Perbaiki navigasi blog pada widget. Tambahkan “label”, tentunya tulisan-tulisan yang dibuat dikelompokkan dalam kategori-kategori tertentu supaya pembaca bisa mencarinya dengan mudah.
  7. Berinteraksilah dengan aktif dengan kakak-kakak lain dalam grup AM, jangan malu-malu. Kamu punya potensi, lho dan potensimu bisa berkembang terus jika kamu aktif berkegiatan termasuk berkomunitas. Ikuti juga program-program menariknya.
  8. Kalau memuat gambar di blog dari sumber lain, baiknya dicantumkan link sumber gambarnya, begitu pun ketika menayangkan tulisan dari sumber lain.

 Sepertinya sudah cukup panjang ya tulisan saya. Sukses ya Baco eh ... Arie J

Makassar, 18 Februari 2015

Update 23 Januari 2018:
Sayang sekali, blog http://ceritabaco.blogspot.com/ sudah dihapus. Mengapa Arie? 😥 
Kenapa blognya dihapus? Padahal bagus sekali caranya menulis. 

#SIPAKATAU AM


Share :

20 Komentar di "Membaca Ceritana Baco"

  1. Edede....keren mi Arie,,,mau ki belajar banyak dengan para blogger kondang..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm .. siapa blogger kondang itu? *celingak-celinguk* :D

      Delete
  2. Ternyata lengkap yah penjelasan seputar SEO di mari... kapan-kapan maen lagi ah ke sini...

    Salam Blogging dari pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaah ini bukan SEO, Mas ... saya gaptek soal SEO :))

      Delete
  3. blognya pribadi tai kayaknya juga lengkap infonya

    ReplyDelete
  4. aku mau juga dong direview blognya sama tante niar.. pasti banyak nilai merahnya. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah takut revew blog Syifa ... terlalu keren soalnyaaaa :))

      Delete
  5. Reviewnya bagus dan membangun mbak.

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya saya baru kelas 9 memasuki masa persiapan UN,
    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih Arie keren sekali .... hampir seusia sama Affiq - sulungku :)
      Kalau dekat, Affiq bisa belajar Photoshop sama Arie :)

      Delete
    2. Eh, Affiq yang hampir seusia sama Arie pale, terbalik. Affiq kelas 8 :))

      Delete
  7. Mak niar sip dah kalok ngeripiu, lengkap bin kumplit. Seneng dah nih si empunya blog ceritana bajo... :)

    ReplyDelete
  8. program keren! dengan mereview gitu yang diriview jadi dapat masukan, yg mereview jadi ada alasan buat lebih banyak lg blogwalking

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^