Kami Tidak Kasar

Masih ada juga orang yang memandang negatif daerah lain (seprovinsi-provinsi-nya) gara-gara berita di media. Padahal kalau mau berpikir lebih bijak sedikit, berita tentang beragam kekerasan itu ada di semua daerah. Bahkan orang itu sampai dua kali menyindir suami saya di facebook (untuk 2 peristiwa berbeda, yang terjadi dalam kurun waktu yang berbeda) dengan kalimat yang seolah-olah semua orang di sini tak memiliki hati nurani.

Peristiwa tentang ketakutan orang terhadap orang dari daerah kami pernah juga dialami suami saya di tempatnya dulu. Pernah juga dialami oleh ibu saya waktu di sebuah daerah ditanyakan kepadanya: "Tidak takut tinggal di sana, Bu?" (kebetulan ibu saya perantau, ayah saya yang "penduduk asli" provinsi ini, waktu itu ibu saya mengakui kalau beliau pendatang).

Ibu dari kawan saya juga pernah mengalami, bertemu dengan seorang pemuda yang ketakutan setengah mati saat berada di atas pesawat yang tengah menerbangkannya ke sini.


Sumber: www.imgarcarde.com
Saya juga pernah mengalaminya. Sebanyak 3 kali dinyatakan oleh kawan blogger yang sama bahwa setiap ada berita kekerasan yang kebetulan pelakunya dari sini, ia mengidentikkan daerah sini dengan kekerasan jadi baginya wajar saja kalau dari sini itu identik dengan kekerasan. Gara-gara itu saya sampai browsing di internet dengan kata kunci yang "jahat-jahat" dan ternyata yang muncul di pencarian teratas semuanya bukan dari daerah sini. Ini membuat saya lega. Berarti memang, media massa perannya terlalu hebat dalam hal menyebarkan berita buruk tentang daerah ini, bahkan Indonesia Timur. Arie Kriting, komedian SUCI itu juga mengatakan hal yang sama.

Ffiyyuh ... titip harap kepada teman-teman jurnalis, baik itu yang bergabung di AJI Makassar (Aliansi Jurnalis Independen) atau tidak, supaya lebih menekankan berita-berita positif saja.

Tentang keterlibatan jurnalis, seorang kawan pernah bercerita kepada kami, seorang jurnalis pernah meminta dihubungi kalau ada keributan antarmahasiswa. Malah si jurnalis itu meminta agar dibakarkan ban di area itu (padahal sebelumnya tidak). Biar terlihat seru gambarnya, begitu lho!

Mudah-mudahan kawan-kawan facebook saya tak ada yang punya pikiran picik tentang kami ya  Kalau mau tahu tentang Makassar, kalian bisa mengulik blog saya http://www.mugniar.com. Ada banyak cerita unik dan baik tentang daerah saya di sana. Mudah-mudahan di antara kalian, tidak ada lagi yang melarang anak-cucunya bila kelak ada yang jatuh hati dengan generasi muda asal daerah sini hanya karena termakan oleh berita-berita tak senonoh itu.

Makassar, 14 Oktober 2014


*Bukan mau memancing isu SARA tapi, sebagai blogger aktif dan pengguna media sosial, saya merasa punya kewajiban tidak resmi sebagai duta daerah saya. Saya kira kawan-kawan blogger Makassar/dari Indonesia Timur pun demikian*


Share :

4 Komentar di "Kami Tidak Kasar"

  1. Saya masih mempelajari artikel ini. Namun pada prinsipnya mekanisme Jurnalistik harus diterapkan. Karena saya juga dari media. Ada HAK JAWAB jika ada pihak yang merasa tidak berkenan atas sebuah pemberitaan,. Ada Dewan Pers yang menjembatani. Ada AJI yang bisa menjadi mediasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Asep. Ini bukan pendapat saya sendiri, saya sudah sering mendengar pendapat ini. Bahkan lulusan universitas daerah sini banyak yang sulit mendapat pekerjaan akibat pengaruh pemberitaan media.

      Delete
  2. jadi...permainan media ya mba..mm saya masih percaya selalu ada orang baik di setiap daerah. Setiap orang itu punya fitrah dalam htinya..kebaikan...:) Mau banget berkunjung ke sana ketemu Mak Niar....mimpi dulu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada peran media, Mak .... iyaaa .. kapan ke sini ya Mak .. kita ketemuan di Pantai Losari ya hehehe

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^