Menerbitkan Buku Melalui Agensi Naskah

Kopdar perdana IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar di tahun 2014 pada tanggal 1 Januari kemarin hanya dihadiri oleh 4 orang: Nunu, bu Zul Khaeriyah, saya, dan tuan rumah – bu Haeriah.

Saya sudah dari seminggu sebelumnya mengundang teman-teman segrup tapi rupanya ada berbagai kendala sehingga dari 8 orang yang merencanakan datang, hanya kami berempat yang hadir.

 Namun demikian kami belajar banyak dari sharing yang diberikan oleh bu Haeriah – ibu rumahtangga produktif beranak 5 yang baru-baru ini menerbitkan buku solonya berjudul Para Abdullah di Sekitar Rasulullah.

Buku solo bu Haeriah, tentang
para sahabat Nabi yang bernama Abdullah
Bu Haeriah membagi pengalamannya dalam menerbitkan buku melalui agensi naskah Indscript Creative. Saat itu ada tawaran, siapa yang bisa membuat outline (kerangka) naskah mengenai sahabat Nabi (waktu itu yang dicontohkan adalah Umar ra.) di agensi naskah itu.

Biasanya saat ada tawaran yang diajukan, siapa saja yang bernaung dalam agensi naskah itu yang berminat kemudian berlomba-lomba mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dalam menyusun outline. Seperti tender, dari beberapa outline yang masuk, dipilih satu yang terbaik.

Setelah outline bu Haeriah diterima, ia diberikan SPK (surat perintah kerja). SPK itu merupakan “perintah” dari agensi naskah kepada bu Haeriah agar menyelesaikan naskahnya tepat waktu, dalam tenggat waktu satu bulan. Setelah selesai, naskah dikirim ke penerbit untuk melalui proses editing dan penerbitan.

Satu hal yang disukai mereka yang bergabung dalam agensi naskah adalah, hanya tahu menulis. Agensi yang mencarikan penerbit dan mengurus kontrak kerjanya. Namun demikian, tentu saja royalty-nya harus dibagi dengan agensi naskah dengan perbandingan yang telah ditetapkan oleh agensi yang bersangkutan.

Bagi Anda yang tertarik mencari tahu tentang agensi naskah Indscript Creative yang merupakan “partner” IIDN ini, silakan baca-baca webnya di alamat page facebook berikut: Agensi Naskah Indscript Creative.


Makassar, 8 Januari 2014


Share :

21 Komentar di "Menerbitkan Buku Melalui Agensi Naskah"

  1. pengen jadi penulis mak.. tapi gimana ya,waktu masih berbenturan dengan anak yg masih kecil,,hehehe
    makasih mak informasinya,,siapa tau suatu saat berguna.. ^_^

    ReplyDelete
  2. cuma baca-baca aja gak apa2 kan mbak :)

    ReplyDelete
  3. ajarin jadi penulis dong mbak :-)
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih berguru, mas :) Katanya sih kalo mau jadi penulis, kuncinya cuma 3: menulis, menulis, dan menulis :)

      Delete
  4. iya pernah dengar agensi naskah.. tapi masih belum tahu cara kerjanya.. eh sekarang udah tahu :D

    ReplyDelete
  5. pengen banget bisa nulis buku..
    salam kenal dari djogja mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak .. saya juga masih pengen :)
      Salam kenal kembali :)

      Delete
  6. aku lebih suka nulis tp kagak di publish alias di blog aja mba, soalnya bukan penulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting menulis untuk menebar manfaat ya Mas. Di blog kita lebih bebas, asal tahu aturan umum saja :)

      Delete
  7. Menjadi penulis ituh, mengabadikan eksistensi kita ... hehe. Seperti ibnu sina \, ibnu rusydi dan banyak ulama yang berhasil mengabadikan namanya dalam karya monumental ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip ... sebagai dokumentasi sejarah kita atau prasasti kita :)

      Delete
  8. saya gabung di IIDN udah dari beberapa waktu lalu, tapi masih sebatas banyak belajar disana :)

    ReplyDelete
  9. aku udh lama bgt gabung di IIDN mba,,tp mandheg,,aku jg prnh kirim naskah ke agensinya,,tp ngga ada jawaban,,pernah aku tnyakan gmna,,tp jg ngga da jawaban,,aku kn blm paham yaa,,kalo ngga ada kabar tu artinya di tolak atau apa,,brgkali bisa aku perbaiki,,trs aku gabung di KEB aku malah eksis nulis trs,,mgkn cocoknya aku nulis di blog aja kali yaa mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya mbok dibalas gitu ya mbak, kenapa2nya. Kalau memang belum layak, apa salahnya dibalas.

      Hehe ngeblog asyik soalnya ya mbak :)

      Delete
  10. Jika ada yang punya naskah buku kesehatan silahkan email ke isnawand@yahoo.com

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^