Seandainya Tidak Ngeblog, Saya Tidak Tahu Tentang ICT USO EXPO dengan MPLIK-nya


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Celebes Convention Center, Makassar
Bila berandai-andai ...

Seandainya saya tidak ngeblog, apa yang terjadi?

Well, ada banyak hal yang tidak akan saya peroleh, sebagian sudah saya ceritakan di sini dan di sana. Dan yang baru saja saya sadari, adalah: saya tidak tahu event nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di gedung Celebes Convention Center Makassar pada 23 – 25 Mei tahun ini.

Berlebihan? Tidak. Karena kami tak berlangganan koran. Saya amat jarang keluar rumah. Banyak event semacam pameran keren lewat begitu saja. Beruntung info tentang event ICT USO EXPO (Information and Communication Technology Universal Service Obligation) terbaca oleh saya sehari setelah daeng Ipul – ketua komunitas blogger Anging Mammiri menginformasikan tentang acara ini di milis Anging Mammiri. Dalam e-mailnya, daeng Ipul menyebutkan Anging Mammiri menempati satu stand di sana juga mengenai adanya lomba blog berkaitan dengan ini.


“Lomba blog? Wow!” seketika naluri berlomba saya bangkit. Saya segera mengecek web penyelenggara lomba dan browsing tentang ICT USO. Setelah mendapatkan bahan-bahan dari om Google dan ide menulis, saya meniatkan diri untuk menyambangi ajang ini dan mendaftarkan diri pada lomba blog.

♪♫♪♫
 
Ada Pacca dan daeng Ipul selama expo berlangsung
Dalam rangka pembangunan sektor telekomunikasi dan informatika di pedesaan dan pemenuhan hak-hak masyarakat Indonesia akan akses informasi menggunakan ICT, Kementerian Kominfo senantiasa menerapkan USO (Universal Service Obligation). Pemerintah  melakukan pengelolaan dana USO yang diambil dari operator digunakan untuk penyediaan dan pembangunan fasilitas telekomunikasi dan informatika di daerah-daerah yang belum mendapatkan akses layanan telekomunikasi dan informatika.

Program USO saat ini adalah Pusat layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) yang sifatnya bergerak untuk mengakses internet yang sehat, aman, cepat, dan murah. Kementerian Kominfo memberikan bantuan MPLIK kepada kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia agar akses internet bisa dijangkau di daerah.

Penyediaan Mobil PLIK ini merupakan amanat dari pasal 5 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 48/PER/M.KOMINFO/11/2009 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet Pada Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 19/PER/M.KOMINFO/12/2010.

MPLIK di dalam CCC
Ada 6 unit MPLIK
Stand TVRI Makassar
Target penyediaan adalah sebanyak 1.907 MPLIK yang tersebar di seluruh Indonesia. Infrastruktur dan sarana pendukung MPLIK adalah:
  • Kendaraan roda empat
  • Perangkat komputer yang terdiri atas 1 komputer sebagai server dan 6 laptop/notebook sebagai client dengan hardware dan software/aplikasi pendukungnya.
  • Dua tenda peneduh/kanopi seukuran bidang mobil.

Target MPLIK untuk Sulawesi Selatan sebanyak 105 unit, sudah terealisasi semuanya - begitu yang tertera di sebuah brosur yang saya baca. Sayangnya MPLIK ini tidak ada dalam kota Makassar, hanya di kabupaten. Padahal pingin juga ada di tiap kelurahan gitu. Seandainya di lorong-lorong sekitar rumah ditongkrogni MPLIK, kan bisa numpang akses internetnya.

Di ICT USO EXPO, dipertontonkan 6 unit MPLIK beserta akses internet gratisnya. Sayangnya saya tak sempat mencobanya. Saya datang ke expo tanggal 24 sore dan memanfaatkan waktu untuk mengelilingi stand-stand yang bertebaran. Menarik. Saya suka melihat kemajuan negeri ini dalam bidang IT melalui ajang ini.

Banyak instansi pemerintah dari berbagai daerah di Indonesia yang menjadi peserta expo. Bukan hanya dari daerah tingkat 2 Sulawesi Selatan. Ada yang jauh-jauh datang dari Aceh, Bangka Belitung, Banyuwangi, Jembrana, Palu, Bolaang Mongondow, Sulawesi Barat, dan sebagainya. Juga ada stasiun-stasiun TV dan radio.

SMK Mahardika (ketiga dari kiri)
STIMED Nusa Palapa, kegiatan belajar-mengajarnya bertempat di Graha Pena, Makassar
Ada pula SMK Informatika Komputer Mahardika dan STIMED Nusa Palapa  menjadi peserta. Bagus juga, sekalian menjaring siswa/mahasiswa baru. Juga ada beberapa komunitas selain Anging Mammiri yang meramaikan ICT USO EXPO ini, seperti Android Makassar, Performa, dan Makassar Ethical Hack. Beberapa stand mengadakan konsultasi/training gratis selama acara termasuk Anging Mammiri.

Saya memasuki banyak stand, mengumpulkan brosur, booklet, dan majalah. Juga bertanya-tanya pada penjaga stand. Dari “perjalanan” ini, saya mendapatkan informasi tentang adanya akses internet GRATIS di Galeri Internet BBPKI Makassar (sebuah kantor milik Kementerian Kominfo) di jalan Racing Center II No. 25. Teman-teman yang butuh internet gratis bisa datang ke sini setiap hari kerja (Senin – Jum’at) pada jam kerja.

Tak terasa sudah masuk waktu magrib, saya meninggalkan gedung CCC dengan membawa puluhan majalah, brosur, dan booklet. Alhamdulillah, buat bahan ngeblog J.

Makassar, 25 Mei 2013

Postingan ini disertakan dalam  #8MingguNgeblog Anging Mammiri

Silakan juga disimak:





Share :

10 Komentar di "Seandainya Tidak Ngeblog, Saya Tidak Tahu Tentang ICT USO EXPO dengan MPLIK-nya"

  1. Dengan ngeblog jadi tau banyak hal ya mbak

    ReplyDelete
  2. inilah ya keistimewaan ngeblog,bisa sharing pengalamaan,dan tentunya bertambah pengetahuan...tul g mbk???? :D

    Saya salut sama blogger makasar,saya kenal beberapa teman dari kompasiana..makasar aktif2 ya nulisnya mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Hanna. Waah saya malah sudah lama tidak muncul di KOmpasiana :)

      Delete
  3. seandainya gak ngeblog gue gak pernah tau ada Bu Mugniar di sini! :)

    ReplyDelete
  4. ngeblog emang banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  5. Mbak Niar aktif deeh.
    Ngeblog jadi mengenalkan diriku pada dirimu... :D

    ReplyDelete
  6. Seandainya tak ngeblog, saya tak kenal, Niar. Ibu rumah tangga yang semangat belajarnya tinggi sekali :)

    ReplyDelete
  7. ternyata Makassar itu keren juga yaaa? Mungkin sentralnya Sulawesi ada di sanakah Mak? Saya jadi pengen ke sana ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makassar keren dong mba...kan ada Bunda Niar dan saya...hehe... Ayo k Makassar...

      Bun, kok sy yg jawab ya? Hehe

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^